PENGATURAN SISTEM PENGAMAN RUMAH DAN PENGATURAN BEBAN LAMPU BERBASIS MIKROKONTROLER

Joko Firmansyah

Abstract

Sistem keamanan merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sekarang ini. Khususnya sistem keamanan dalam rumah. Banyak hal akan dilakukan untuk menciptakan sistem keamanan yang akan melindungi rumah saat rumah ditinggal oleh pemiliknya. Salah satu cara konvensional yang sering dijumpai adalah menghidupkan lampu saat rumah ditinggalkan dalam waktu yang lama. Untuk itu dibutuhkan sebuah instrumen yang dapat memberikan pengamanan terhadap rumah dan dapat mengatur nyala lampu secara terprogram dengan memanfaatkan mikrokontroler ATMega16.

Pengaturan sistem pengaman rumah dan pengaturan beban lampu berbasis mikrokontroler ini dikendalikan oleh mikrokontroler ATMega16. Sistem ini menggunakan 5 karakter dengan kombinasi angka 0-9 dan huruf A-D untuk sistem passwordnya. Untuk melakukan setting dan input password dapat dilakukan melalui keypad 4x4. Sistem pengaman berupa sistem password yang akan menyalakan alarm ketika password yang dimasukkan tidak sesuai dengan database pada memori EEPROM mikrokontroler ATMega16 sebanyak lebih dari dua kali dan sistem akan mendeteksi kondisi pintu apakah pintu dalam kondisi terbuka atau tertutup. Sistem ini menggunakan sensor optocoupler sebanyak 3 buah yang ditempatkan tepat diatas pintu yang berfungsi untuk mengindikasikan kondisi pintu ke mikrokontroler. Jumlah pintu yang dapat diatur aksesnya sebanyak 3 buah pintu yaitu pintu utama, pintu kamar tidur 1, dan pintu kamar tidur 2. Sensor cahaya yang digunakan sebanyak 4 buah yang akan mengindikasikan kondisi ruangan yang kemudian akan menyalakan 4 buah beban lampu.

Penelitian ini menghasilkan suatu instrumen pengaman rumah dan pengaturan beban lampu yang memiliki menu open dan menu Set RTC sebagai menu pengatur sistem. Menu Open digunakan untuk mengatur akses pintu maupun lampu seperti saklar on/ off, sedangkan Menu Set RTC dapat digunakan untuk mengatur akses pintu maupun lampu sesuai keinginan pengguna dengan cara menseting nilai start dan nilai stop. Akses yang dapat diatur adalah akses pintu dan lampu dengan mode 24 jam. Pengaturan pada sistem ini belum dilengkapi dengan setting berdasarkan tanggal dan hari. Memori flash yang dibutuhkan untuk membentuk instrumen ini adalah 99,1% dari 16KByte dan memori eeprom sebesar 8,6% dari 512Byte

Keywords

keypad, RTC (Real Time Clcok), mikrokontroler, EEPROM, Password, Optocoupler, LDR (Light Dependent Resistor).

References

Bejo,Agus. 2008. C & AVR Rahasia Kemudahan Bahasa C dalam Mikrokontroler ATMega 8535. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Budiman,Candra. 2010. Perancangan Alat Pengukur Level Air Melalui SMS Berbasis Mikrokontroler ATMega16. Sumatra Utara : Tugas Akhir, Universitas Sumatra Utara.

Budiharto,Widodo. 2011. Aneka Proyek Mikrokontroler. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Gayung,Abdul. 2009. Sistem Pengaman Rumah Dengan Security Password Menggunakan Sensor Gerak Berbasis Mikrokontroler AT89S51. Medan : Tugas Akhir, Universitas Sumatera Utara.

Hamonangan,Aswan. 2008. IC NE 555 dan LDR (Light Dependent Resistor). Sumber :

http://storage.jak- stik.ac.id/students/paper/penulisan%20ilmiah/20404058/BAB%20II.pdf. (diakses tanggal 9 Februari 2013, pukul 09.43 WIB).

Karseno,Doni. 2011. Sistem Pengaman Rumah Dengan Security Password Menggunakan Remote Berbasis Mikrokontroler arduino. Yogyakarta : Tugas Akhir, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM.

Muhlisin. 2012. Perancangan Papan Pergantian Pemain Pada Permainan Sepak Bola Dengan Metode Scanning Berbasis Mikrokontroler ATMega 8535. Surakarta : Tugas Akhir, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nurul Saputro, Dwi. 2012. Propeller Display Berbasis Mikrokontroler ATMega16. Surakarta : Tugas Akhir, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Prasojo,Ipin. 2011. Prototype Penghemat Energi Dan Pengaman Ruangan. Yogyakarta : Seminar nasional aplikasi teknologi informasi, Universitas Islam Indonesia.

Puspito Utomo,Aji respati. 2008. Perancangan Alat Pengontrol Beban Listrik Berbasis Mikrokontroler AT89S52 Dengan Memanfaatkan Teknologi SMS. Surakarta : Tugas Akhir, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Santoso,Arie., Wiguna,Mesakh Trianto, & Tirtodjojo,Andrianus Ananta. 2008. Sistem Absensi Berbasis RFID. Jakarta : Tugas Akhir, Universitas Bina Nusantara.

Article Metrics

Abstract view(s): 272 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.