ANALISIS HARMONIK DAN PERANCANGAN SINGLE TUNED FILTER PADA SISTEM DISTRIBUSI STANDAR IEEE 18 BUS DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ETAP POWER STATION 4.0

Novix Alfama

Abstract

Pemasangan beban nonlinier pada sistem distribusi dapat menimbulkan permasalahan yang dapat menurunkan kualitas daya listrik, masalah tersebut adalah harmonik. Keberadaan harmonik akan mempengaruhi kinerja komponen pada sistem distribusi tenaga listrik bahkan terjadinya kerusakan pada komponen tersebut. Salah satu dampak dari harmonik adalah adanya tambahan rugi-rugi pada penghantar berupa panas yang dapat menimbulkan gagalnya sebuah sistem isolasi pada level tertentu maupun panas berlebih pada kawat netral dan transformator. Untuk mengurangi distorsi harmonik maka diperlukan perancangan dan pemasangan filter harmonik. Salah satu jenis filter yang dapat digunakan adalah filter pasif jenis single tuned filter yang merupakan metode penyelesaian yang efektif dan ekonomis untuk mengalihkan arus harmonik yang tidak diinginkan dalam sistem distribusi tenaga listrik.                            Dalam penelitian ini dilakukan analisis harmonik dan perancangan single tuned filter pada sistem distribusi standard IEEE 18 bus dengan cara melakukan simulasi menggunakan software ETAP Power Station. Penelitian dimulai dengan membuat model sistem distribusi dan memasukkan data-data parameter sistem ke dalam model tersebut. Setelah itu dilakukan  simulasi aliran daya untuk mengamati nilai dan arah aliran daya, simulasi analisis harmonik tanpa beban nonlinier dan dengan menambahkan beban nonlinier, merancang single tuned filter, dan pemasangan single tuned filter pada sistem distribusi untuk mengurangi distorsi harmonik. Dari hasil simulasi harmonik akan diketahui pengaruh dari pemasangan beban nonlinier dan single tuned filter pada sistem distribusi.                                                      Hasil simulasi menunjukkan bahwa dengan adanya pemasangan beban nonlinier pada sistem distribusi mengakibatkan nilai Total Harmonic Distortion tegangan pada bus yang dekat dengan sumber harmonik mengalami kenaikan berkisar antara 7.88 % sampai 8.21 % dan meningkatnya rugi-rugi daya nyata sebesar 17.6 kW. Setelah dilakukan perancangan dan pemasangan single tuned filter maka nilai Total Harmonic Distortion tegangan mengalami penurunan berkisar antara 3.29 % sampai 4.54 % sehingga sesuai dengan batas standar distorsi harmonik dan mengurangi rugi-rugi daya nyata sebesar 17.6 kW pada sistem distribusi.

Keywords

analisis harmonik, single tuned filter, sistem distribusi

Full Text:

PDF

References

Dugan, Roger.C and McGranaghan, Mark F. 2003. Electrical Power Systems Quality. New York : McGraw-Hill.

Jaelani, Mukhsin Akhsin. 2008, Analisis Distorsi Harmonik pada Sistem Distribusi dan Reduksinya Menggunakan Tapis Harmonik dengan Bantuan ETAP Power Station 4.0, Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pujiantara, Margo. 2003. Penyempurnaan Desain Filter Harmonisa menggunakan kapasitor Eksisting pada Pabrik Soda kaustik Serang –Baten, JAVA Journal of Electrical and Electronics Engineering, Vol. 1, No. 2, Oct 2003, ISSN 1412-8306.

Sopyandi, Endi. 2009. Perancangan Single Tuned Filter Untuk Mereduksi Harmonik Arus Dengan Simulasi Program ETAP Power Station 5.0.3, Fakultas Teknik Jurusan Elektro, Universitas Indonesia.

William D. Stevenson. Jr, Kamal Idris. 1994. Analisis Sistem Tenaga Listrik, Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.

Zuhal. 1995. Dasar Teknik Tenaga Listrik dan Elektronika Daya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Article Metrics

Abstract view(s): 466 time(s)
PDF: 299 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.