DESAIN PEMIPIL JAGUNG DENGAN SUMBER ENERGI TENAGA SURYA DAN ENERGI LISTRIK PLN

Hasyim Asy’ari, Jatmiko Jatmiko

Abstract

Energi listrik merupakan salah satu kebutuhan yang dibutuhkan oleh seluruh negara di dunia. Hal ini mengingat energi listrik merupakan salah satu faktor utama bagi terjadinya pertumbuhan ekonomi  suatu negara. Permasalahan energi listrik  menjadi semakin kompleks ketika kebutuhan yang meningkat akan energi dari seluruh negara di dunia untuk menopang pertumbuhan ekonominya justru membuat persediaan cadangan energi konvensional menjadi semakin sedikit. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat desain pemipil jagung dengan energi tenaga surya dan energi listrik PLN.

Penelitian dimulai dari pembuatan mesin pemipil jagungdan pemasangan komponen-komponen seperti panel surya, konverter dan motor DC pada pemipil jagung yang telah dirancang sebelumnya. Kemudian pengecekan komponen yang telah terpasang sudah berfungsi secara normal. Energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya akan digunakan sebagai sumber energi untuk menjalankan mesin pemipil jagung. Energi listrik PLN digunakan sebagai energi tambahan jika daya yang dihasilkan panel surya kurang. Cara pengamatan yang dilakukan adalah pengambilan data terkait nilai tegangan dan arus yang dihasilkan oleh panel suya,kecepatan putar mesin pemipil dan lama waktu pemipilan. Peralatan yang digunakan antara lain: luxmeter, Amperemeter, tachometer dan stopwatch.

Hasi lpercobaan pertama dilakukan pada intensitas cahaya 103700 lux tegangan 19 V dan arus 2 A menghasilkan  kecepatan putar 1705 Rpm sehingga mesin pemipil jagung bekerja dengan sangat baik dengan waktu pemipilan 0,10 menit per jagung. Begitu seterusnya dengan intensitas yang berbeda sampai ke intensitas terendah yaitu 29300 lux tegangan 8,2 V dan arus 1 A menghasilkan kecepatan putar 402,4 Rpm sehingga mesin pemipil jagung tidak mampu lagi bekerja dengan baik (tidak dapat memipil jagung lagi). percobaan selanjutnya untuk melakukan pemipilan dengan energi listrik PLN disaat mesin pemipil jagung tidak mendapatkan suplai energi yang cukup dari panel surya karena intensitas cahaya yang rendah maka mesin dapat berpindah kesumber energi lain dengan memindahkan sumber energi ke listrik PLN. Pada penelitian ini didapati hasil setelah listrik PLN dikonversikan dengan konverter menunjukkan tegangan 11,2 V, arus 1,5 A dan kecepatan putar 910,2 Rpm sehingga didapati waktu pemipilan adalah 0,19 menit per jagung.

Keywords

motor DC, panel surya, pemipil jagung, energi terbarukan

Full Text:

PDF

References

Andree, Ade. (2013). Jenis Panel Surya. Dalam http://dewaadeandrea.blogspot.com/2013/03/panel-surya.html.Diunduh tanggal 23 september 2013 pukul 14.40.

Anonim. 2009.Motor Listrik AC dan DC Satu Fasa. Dalam http://www.dunialistrik.blogspot.com/motor-listrik-ac-satu-fasa.html/. 5 Maret 2014.

Maksindo. 2004. Mesin pemipil jagung listrik. Dalam http://www.tokomesin.com/Mesin_Pemipil_Jagung_Mesin_Perontok_Jagung_Mesin_Pipil_Jagung.html. 8 oktober 2004.

Rohmadhani, Rofi. (2013) evaluasi kinerja mesin pemipil jagung. Dalam http://tugasakhir.blogspot.com/2013/07pemipil-jagung.html 12 Januari 2013

Teuku Bahtiar. 2011. Ilmu tekknik pertanian. dalam

http://ilmuteknikpertanian.blogspot.com/2011/04/alat-pemipil-jagung.html

April 2011

Tomi. 2013. Rancang Bangun Mesin Pemipil Jagung Dengan Penggerak Motor Listrik. Dalam http://www.slideshare.net/tommytornadoz/proposal-tugas-akhir-mesin-pemipil-jagung 25 november 2013.

Article Metrics

Abstract view(s): 513 time(s)
PDF: 121 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.