Implementasi Sistem Penyimpanan Terpusat menggunakan Pydio 8.0 Community pada Universitas Islam Batik Surakarta

Fajar Kurnia(1*), Heru Supriyono(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Perkembangan teknologi pada era digital saat ini berkembang dengan sangat pesat terutama pada sektor penyimpanan data. Salah satu contoh perkembangan teknologi pada sektor penyimpanan data adalah teknologi private cloud storage. Teknologi private cloud storage masih belum banyak dimanfaatkan pada lembaga atau instansi dalam bidang pendidikan sedangkan teknologi private cloud storage merupakan alternatif bagi lembaga atau instansi dalam bidang pendidikan untuk menyimpan ataupun berbagi data tanpa cemas akan virus. Tujuan penelitian ini adalah merancang serta mengimplementasikan pemanfaatan private cloud storage sebagai media penyimpanan terpusat pada Universitas Islam Batik Surakarta (UNIBA) untuk menyelesaikan permasalahan seperti kerusakan data oleh virus serta mengefisienkan dalam berbagi data. Pada penelitian ini software private cloud storage yang digunakan adalah Pydio 8.0 Community yang dapat meminimalisir kerusakan data oleh virus serta mengefisienkan dalam berbagi data. Hasil dari penelitian ini merupakan sistem penyimpanan terpusat dengan software Pydio 9.0 Community yang dapat diakses melalui web browser, desktop dan smartphone diuji melalui tiga tahap yaitu pengujian kemampuan komputer server, koneksi antara client dan server serta pengujian keamanan komputer server. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan memperoleh hasil kemampuan server dalam membalas permintaan client berkisar 0,6 detik dengan rata-rata kecepatan koneksi antara client dengan server 460kbps. Untuk keamanan komputer server, folder yang ada sudah dapat dienkripsi dengan baik oleh sistem. Hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi private cloud storage dengan software Pydio 8.0 Community dapat memecahkan masalah yang ada pada suatu lembaga atau instansi dalam bidang pendidikan dalam kasus ini pada Universtitas Islam Batik Surakarta.

Keywords

private cloud storage; cloud computing; Pydio 8.0 Community

Full Text:

PDF

References

Muhammad Ibrahim., “Analisis Dan Implementasi Owncloud Sebagai Media Penyimpanan Pada Yayasan Salman Al-Farisi Yogyakarta”, Jurnal Ilmiah Dasi, 2013.

Lim, C., Kang, M., & Lee, S., “Design and Implementatio of a Collaborative Team-Based Cloud Storage System”, Journal of Supercomputing, 2016.

Kaur, R., & Kaur, J., “Cloud Computing Security Issues and Its Solution: A review. Computing for Sustainable Global Development (INDIACom)”, 2nd Internatioal Conference, 2015.

V., Gough., “EncFS: An Encrypted Filesystem for FUSE”, https://vgough.github.io/encfs [diakses 1 januari 2018].

Amron, M, T., Ibrahim, R., & Chuprat, S., “A Review on Cloud Computing Acceptance Factors”, Elsevier, 2017.

Ferdiana, R., Nugroho, L, E., & Irma., “Implementasi Cloud Computing sebagai Digital Aset Management(DAM) di Istana Kepresidenan Yogyakarta”, Prosiding seminar nasional GEOTIK, 2017.

Article Metrics

Abstract view(s): 411 time(s)
PDF: 1519 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.