Pemindaian QR Code untuk Aplikasi Penampil Informasi Data Koleksi di Museum Sangiran Sragen berbasis Android

I Gusti Banjar Jawi(1*), Heru Supriyono(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi smartphone saat ini, informasi yang dibutuhkan menjadi sangat mudah untuk didapatkan. Museum sebagai tempat informasi yang sering dikunjungi adalah tempat yang cocok untuk mencari informasi tentang zaman purbakala. QR Code adalah salah satu cara untuk mendapatkan informasi yang lengkap. QR Code yaitu suatu jenis image dua dimensi yang menampilkan data berupa teks. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberi kemudahan pengunjung dalam mencari informasi koleksi museum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode System Development Life Cycle (SDLC). Dalam pembuatan sistem ini antara lain membuat web museum kemudian dihostingkan dan membuat aplikasi melalui app inventor 2 ultimate secara offline, kemudian membuat QR Code  yang didalamnya terdapat URL web museum. Hasil dari penelitian ini adalah sistem web museum. Pada sistem ini terdapat fitur seperti Home, Koleksi, dan Admin. Berdasarkan hasil pengujian sistem ini melalui black-box, smartphone, dan responden dapat disimpulkan bahwa fitur web museum sudah sesuai, dan pengujian pada smartphone disimpulkan bahwa sistem ini dapat berjalan dengan baik. Berdasarkan pengujian kepada pengunjung museum dapat diketahui sebanyak 79% responden setuju bahwa sistem ini layak untuk digunakan.

Keywords

smartphone; museum; qr code; app invetor 2 ultimate; offline; url

Full Text:

PDF

References

Bajpai, M.K. (2015). Researching throught QR Codes in Libraries, International Symponisum on Energing and Technologies in Libraries and Information Services, 291-294, DOI: 10.1109/ETTLIS.2015.7048214.

Dagan, I. Binyamin, G. & Eilam, A. (2016). Delivery of QR Codes to Cellurar Phones throught Data Embedding in Audio, International Conference on the Science of Electrical Engineering, DOI: 10.1109/ICSEE.2016.7806076.

Jevremovic, V. & Petrovski, S. (2012). MUZZEUM – Augmented Relaity and QR Codes Enabled Mobile Platform with Digital Library, usesd to Guerrilla Open the National Museum of Serbia, International Conference on Virtual Systems and Multimedia, DOI: 10.1109/VSMM.2012.6365977.

Murtiwiyati, & Lauren G. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android, Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, 12(2), Desember 2013, ISSN: 1412-9434.

Narayanan, A.S. (2012). QR Codes and Security Solutions, International Journal of Computer Science and Telecommunications, 3(7), 69-72, July 2012, ISSN: 2047-3338.

Sugiantoro, B. & Hasan, F. (2015). Pengembangan QR Code Scanner Berbasis Android Untuk Sistem Informasi Museum Sonobudoyo Yogyakarta, TELEMATIKA, 12(02), 134-145, Juli 2015, ISSN: 1829-667X.

Supriyono, H. Kurniawan, A. & Rakhmadi, A. (2013). Perancangan dan Pembuatan Sistem Pintu Otomatis Menggunakan Barcode, KomuniTi, 5(1), Maret 2013.

Article Metrics

Abstract view(s): 5989 time(s)
PDF: 2625 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.