Rancang Bangun Cloud Storage pada Ubuntu 16.04 menggunakan Layanan Nextcloud di SMK Texmaco Pemalang

Nanda Fergiawan Santoso(1*), Heru Supriyono(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penerapan teknologi informasi cloud computing dalam dunia pendidikan saat ini akan sangat bermanfaat mengingat banyak file yang akan didokumentasikan dan banyaknya keuntungan yang ditawarkan. Cloud computing merupakan sebuah layanan yang dapat dikonfigurasi dan digunakan untuk berbagi sumber daya secara bersama – sama dimana saja dan kapan saja. Teknologi cloud computing ini dapat dijadikan pengganti penggunaan media penyimpanan statis yang masih memiliki kekurangan. Kekurangan yang masih melekat pada media penyimpanan statis ini antara lainseperti kapasitas yang terbatas, rawan terinfeksi virus, mudah hilang dan rusak.Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan sebuah cloud storage menggunakan layanan nextcloud. Metode yang dipakai dalam membuat cloud storage ini meliputi analisis kebutuhan akan sistem, kebutuhan software dan hardware,instalasi sistem,konfigurasi,implementasi dan uji tes. Software yang digunakan sebagai sistem operasi adalah ubuntu 16.04 64 bit dan nextcloud sebagai software utama cloud storage. Hardware yang digunakan sebagai server adalah laptop HP N216-TU dengan spesifikasi : intel corei3, ram 4GB, hardisk 60GB. Hasil dari penelitian ini adalah sistem cloud storage yang sudah di implementasikan disekolah dapat diakses baik dijaringan lokal maupun dari luar jaringan sekolah secara online. Pengguna dapat melakukan upload,download,sharing file ,edit file secara synchronizing dan service SSH untuk admin yang ingin meremote server dari luar jaringan. Dari perancangan cloud storage ini menghasilkan max upload 817 Kbps, min 80 Kbps dan average 249 Kbps. Dan max download 150 Kbps, min 80 Kbps, dan average 130 Kbps.

Keywords

Cloud computing; cloud storage; Nextcloud; SSH; upload; download

Full Text:

PDF

References

Mell, P., & Grance, T. (2011). The NIST Definition of Cloud Computing Recommendations of the National Institute of Standards and Technology. National Institute of Standards and Technology, Information Technology Laboratory, 800(145), 2.

Ibrahim, M. & Kusnawi (2013). Analisis Dan Implementasi Owncloud sebagai media penyimpanan pada Yayasan Salman Al-Farisi Yogyakarta. Jurnal ilmiah Data Manajemen dan Teknologi Informasi (DASI), 14(4), 32.

Mohan, L., Pandey, R., Bisht, S., & Paint, J. (2017). A Comparative Study of SaaS , PaaS and IaaS in Cloud Computing. International Journal on Emerging Technologies, 8(1), 158–160.

Balbudhe, P. O., & Balbudhe,. P. O. (2013). Cloud Storage Reference Model for Cloud Computing. International Journal of IT, Enggineering and Applied Sciences Research (IJIEASR), 2(3), 81–85.

Hashemi, S., M., & Hanani. A. (2014). Cloud Computing : Use Case & Various Applications. Journal of Advances Computer Sciences & Technology, 3(2),160-168.

Ahmed, M., & Ashraf H., M. (2014). Cloud Computing and Security Issues in the Cloud. International Journal of Network Security & Its Applications, 6(1), 25–36.

Fauziah, Y. (2014). Tinjauan Keamanan Sistem Pada Teknologi Cloud Computing. Jurnal Informatika, 8(1), 870–883

Article Metrics

Abstract view(s): 2138 time(s)
PDF: 1485 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.