Aplikasi Pengolah Nilai Peserta Didik Pada SDIT Nur Hasan Senting Berbasis Desktop

Arif Khoirudhin

Abstract

Penyajian laporan akademik SDIT Nur Hasan masih dibantu dengan Ms. Excel, namun tidak semua guru mampu mengoperasikannya, beberapa masih menggunakan cara konvensional yang rentan terjadi kesalahan, memakan banyak waktu serta tenaga dan ditambah ketentuan dalam penghitungan nilai cukup rumit karena ada beberapa input nilai seperti nilai ulangan harian dan nilai tugas yang input nilainya lebih dari satu kali dan dihitung rata-rata nilainya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi desktop pengolahan nilai rapor yang mempermudah dalam memproses nilai peserta didik meliputi ulangan harian, tugas, ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah  System Development Life Cycle (SDLC) model Waterfall. Aplikasi berbasis desktop ini dibangun dengan menggunakan Visual Basic.NET dan basis data MySQL. Pengujian aplikasi ini menggunakan metode black box dan memberikan pernyataan yang diisi langsung oleh guru dan karyawan SDIT Nur Hasan. Hasil pengujian yang dilakukan menyatakan aplikasi pengolah nilai rapor ini memudahkan dalam mengolah data akademik dan menghitung data nilai yang didapat siswa dari proses kegiatan belajar mengajar yang telah dilaksanakan serta memudahkan untuk mendapatkan informasi serta laporan yang dibutuhkan terlihat dari Presentasi Interpretasi sebesar 76%. Adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah guru dan pihak sekolah dalam mengelola nilai peserta didik yang diperoleh di sekolah.

Keywords

Aplikasi Desktop; Pengolah Nilai Rapor; Visual Basic.NET

References

Slameto. (2014). Primary School e-Learning Development as a Social Study Learning Model in the 5th Grade Primary School. International Journal of e-Education, e-Business, e-Management and e-Learning, 8(5),351-360.

Kurniawan, T., Migunani, & Hidayat, A. (2013). Perancangan Sistem Pengolahan Nilai Rapor Berbasis Web (Studi Kasus Pada SMA Kebon Dalem). Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 4(2),37-42.

Permana, C., & Setiawan, R. (2016). Pengembangan Aplikasi Pengolahan Nilai Siswa Berbasis Web di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Algoritma, 13(1),254-260.

Sari, H. P., & Muhartini, R. (2017). Sistem Aplikasi Pengolahan Nilai Raport SDN Tanjunganom 2 Kecamatan Tanjunganom Nganjuk. Jurnal Antivirus, 11(1),65-80.

Egwoh, A. Y., & Nonyelum, O. F. (2017). A Software System Development Life Cycle Model for Improved Students’ Communication and Collaboration. International Journal of Computer Science & Engineering Survey (IJCSES), 8(4),1-10.

Sharma, N. K. (2014). Visual Basic Programming Connectivity with Crystal Report. International Journal of Research (IJR), 1(6),944-953

Article Metrics

Abstract view(s): 418 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 119 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.