Implementasi Cloud Storage di Kantor Kecamatan Ngemplak Boyolali

Reggy Lintang Perdana(1*), Heru Supriyono(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Keterbatasan ruang media penyimpanan, kerentanan data terhadap virus dan malware menjadi permasalahan yang dikeluhkan hampir setiap pegawai kantor Kecamatan Ngemplak Boyolali, terpisahnya data penting antar PC mengakibatkan setiap pegawai memerlukan media penyimpanan tambahan berupa flashdisk untuk saling bertukar data. Oleh karena itu diperlukan sebuah media penyimpanan yang lebih terpusat dan dapat menyimpan data secara sementara, dapat diakses dari mana dan kapan saja, serta memiliki fitur yang dapat meminimalisir penggunaan flashdisk. Cloud storage merupakan alternatif media penyimpanan data tambahan berbasis teknologi cloud computing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini antara lain analisa kebutuhan, perancangan arsitektur, implementasi, dan pengujian. Layanan cloud storage dirancang dengan penggunaan Virtual Private Server (VPS) dengan spesifikasi: Processor Intel (R) Xeon, 2 GB RAM , SSD 40 GB, dan bandwith 2000 GB serta menggunakan ownCloud sebagai platform teknologi cloud computing. Pengujian terhadap server layanan ownCloud diujikan melalui proses kecepatan pengunggahan data, pengunduhan data, dan response time. Pengujian tersebut dengan penggunaan 3 PC dan 1 Smartphone yang mengakses server layanan ownCloud secara bersamaan baik melalui aplikai web browser, sinkronisasi desktop, dan aplikasi android. Dari pengujian tersebut didapatkan sebuah hasil berupa rata-rata kecepatan pengunggahan sebesar 296 Kbps, kecepatan pengunduhan sebesar 438 Kbps, sinkronisasi desktop 178 Kbps, dan smartphone up to 200 Kbps. Selain kecepatan, didapatkan hasil response time 03.52 menit proses pengunggahan, 02.21 menit proses pengunduhan, 04.53 proses sinkronisasi desktop, dan 04.52 menit sinkronisasi smartphone.

Keywords

cloud; cloud Storage; cloud computing; pengujian; penyimpanan

Full Text:

PDF

References

Hashemi, S.M., Hanani, A., “An ELearning System Architecture based on Cloud Computing,” Journal of

World Academy of Science, Engineering and Technology, vol. 6. no. 2. pp. 255-259, 2014.

Saleem, M, “Cloud Computing Vitrulization,” International Journal of Computer Applications Technology

and Research, vol. 6. no. 7. pp. 290-292, 2017.

Cancer, Y., Alim, Z., “Platform As a Service (PaaS) Sebagai Layanan Sistem Operasi Cloud Computing,”

Jurnal Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Sumatera Utara, vol. 5, no. 2. pp. 32-35, 2016.

Choudhari, S.S., Chandre, P.R., “Study of Owncloud Replication of Mobile Information on ownCloud,”

Journal of Android and IOS Applications and Testing, vol. 1, no. 1. pp 2-3, 2016.

Hermawan, R, “Analisis Konsep dan Cara Kerja Serangan Komputer Distributed Denial of Service (DDOS),” Jurnal Teknik Informatika,Universitas Indraprasta PGRI, vol. 5. no. 1. pp. 1-14, 2016.

Article Metrics

Abstract view(s): 686 time(s)
PDF: 1666 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.