Sistem Deteksi Wajah dengan Modifikasi Metode Viola Jones

Adinda Rizkita Syafira(1*), Gunawan Ariyanto(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Deteksi wajah manusia merupakan salah satu topik yang paling banyak dipelajari
di bidang computer vision. Tujuan deteksi wajah adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya wajah pada suatu gambar. Meskipun tampak mudah dilakukan oleh manusia, ternyata pendeteksian wajah sangat rumit dilakukan oleh komputer karena terdapat beberapa kesulitan yang terkait dengan lokasi, sudut pandang, cahaya, dan oklusi. Penelitian ini menerapkan metode Viola Jones untuk membangun sistem deteksi wajah dengan bahasa pemrograman Python. Metode Viola Jones merupakan salah satu metode deteksi wajah dengan tingkat akurasi yang tinggi dan komputasi yang cepat. Metode Viola Jones menggunakan fitur Haar sebagai deskriptor kemudian menggabungkan Integral Image dan AdaBoost untuk mencari dan melakukan seleksi nilai fitur dan membentuk Cascade Classifier. Classifier tersebut yang akan digunakan untuk mendeteksi wajah pada gambar. Penelitian ini juga mengevaluasi tingkat akurasi sistem dengan cara memodifikasi nilai-nilai parameter yang ada di metode Viola Jones. Dari hasil pengujian menggunakan K-fold cross validation didapat hasil akurasi tertinggi sebesar 90,9% untuk gambar wajah dan 75,5% untuk gambar bukan wajah.

Keywords

deteksi wajah; python; viola jones

Full Text:

PDF

References

K. Cen, “Study of Viola-Jones Real Time Face Detector.”

I. S. Nugraha and Muljono, “Aplikasi Android Deteksi Mata Menggunakan Metode Viola-Jones,” Univ. Dian Nuswantoro, Semarang, 2015.

H. Pratikno, “Kontrol Gerakan Objek 3D Augmented Reality Berbasis Titik Fitur Wajah dengan POSIT,” Jnteti, vol. 4, no. 1, pp. 16–24, 2015.

D. A. Prasetya and I. Nurviyanto, “Deteksi wajah metode viola jones pada opencv menggunakan pemrograman python,” Simp. Nas. RAPI XI FT UMS, pp. 18–23, 2012.

M. D. Putro, T. B. Adji, and B. Winduratna, “Sistem Deteksi Wajah dengan Menggunakan Metode Viola-Jones,” Sci. Eng. Technol., pp. 1–5, 2012.

Y.-Q. Wang, “An Analysis of the Viola-Jones Face Detection Algorithm,” Image Process.Line, vol. 4, pp. 128–148, 2014.

O. H. Jensen, “Implementing the Viola-Jones Face Detection Algorithm,” Technical University of Denmark, 2008.

R. E. Schapire, “A Brief Introduction to Boosting Generalization error,” Ijcai 99, pp.1401–1406, 1999.

P. Viola and M. Jones, “Robust Real-time Object Detection,” vol. 57, no. 2, pp. 1–25,2001.

P. Viola and M. Jones, “Rapid object detection using a boosted cascade of simple features,” Proc. 2001 IEEE Comput. Soc. Conf. Comput. Vis. Pattern Recognition. CVPR 2001, vol. 1, p. I-511-I-518, 2001.

Article Metrics

Abstract view(s): 10269 time(s)
PDF: 6139 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.