Antisipasi Pengaruh Pemudaran Gelombang (Fading) pada Transmisi Gelombang Mikro Digital dengan Space Diversity dan Frequency Diversity

Endah Sudarmilah

Abstract

Informasi yang ditransmisikan  melalui jaringan  te!ekomunikasi   tidak hanya dalam wujud  "suara" saja,  tetapi dapat pula da!am wujud data, video dan image. Informasi yang berbeda-beda wujudnya tersebut  dapat ditransmisikan melalui media yang beragam pula.  Salah satu  media transmisi  yang  banyak digunakan saat  ini ada!ahjaringan gelombang mikro.

Komunikasi ge!ombang  mikro  banyak diterapkan baik pada komunikasi satelit maupun komunikasi  terrestrial.   Sebagai  komunikasi  terrestrial  gelombang  mikro merambat melalui atmosfer,  karena  itu gelombang mikro dipengaruhi  o!eh  adanya redaman (pengurangan energi) dan pudaran (fading) akibat efek atmosfer dan relief bumi.

Dengan  adanya  banyak   pengaruh   redaman  dan  pudaran  pada   berkas gelombang mikro maka perlu diberikan suatu solusi untuk mengatasinya yaitu dengan peragaman (diversity) baik itu peragaman ruang (space diversity) maupun peragaman frekuensi (frequency diversity)

Keywords

transmisi; gelombang mikro; peragaman; redaman; pudaran

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view(s): 53 time(s)
PDF: 35 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.