Pembangunan Infrastruktur Voice Over Internet Protocol di Organisasi Perangkat Daerah Boyolali menggunakan Server Elastix

Maftufin Exsan(1*), Umi Fadlilah(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju, didukung
dengan jaringan internet yang semakin sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari serta pentingnya komunikasi dalam sebuah lingkungan pemerintahan, maka dalam penelitian ini penulis membangun infrastruktur jaringan Voice over Internet Protocol (VoIP) di Organisasi Perangkat Daerah Boyolali (OPD Boyolali) menggunakan Server Elastix. Teknologi ini mampu menyediakan komunikasi yang berjalan pada jaringan internet yang tentunya lebih hemat jika dibandingkan harus menggunakan operator telepon ataupun berlangganan jasa telepon rumah. Hasil penelitian ini berupa jaringan VoIP yang dapat diakses oleh seluruh OPD Boyolali. Hasil pengujian yang lakukan menggunakan aplikasi Wireshark menunjukkan bahwa jaringan VoIP ini memiliki kualitas yang bagus, sehingga komunikasi yang berlangsung dapat berjalan dengan lancar.

Keywords

OPD Boyolali; Server Elastix; VoIP; Wireshark

Full Text:

PDF

References

ETSI. (1998). Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Networks (TIPHON); General aspects of Quality of Service (QoS). France: European Telecommunications Standards Institute.

H, M. Iskandarsyah. (2003). Dasar-Dasar Jaringan VOIP. IlmuKomputer.Com.

Nurhayati, O. D. (2010). Sistem Komunikasi Multimedia. eprint.undip.ac.id. (diakses pada tanggal 5 April 2018, pukul 9:36 WIB).

Oladipo, F. O., Madu, C. C., & Okoro, C. C. (2015). Re-Engineering Campus-Wide Internet Telephony Using Voice over Internet Protocol. International Journal of Networks and Communications, 23-30.

Prasetyo, E. (2015). Implementasi VoIP (Voice over Internet Protokol) pada Jaringan LAN (Local Area Network) Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal Teknik Informatika Politeknik Sekayu (TIPS), 19 - 27.

Saputra, E., & Lestari, I. (2014). Analisa dan Perancangan Voice over Internet Protokol (VoIP) Menggunakan Teknologi Open Source pada Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data UIN Suska Riau. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 106 - 111.

Sonnie Bestian, M., & Rakhmadi, Aris (2011). Analisa Kinerja Voip Dan Video Conference Menggunakan Briker Softswitch Pada Jaringan Universitas Muhammadiyah Surakarta. eprint.ums.ac.id (diakses pada tanggal 27 Maret 2018, pukul 18:29 WIB).

Article Metrics

Abstract view(s): 709 time(s)
PDF: 2123 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.