Pembuatan Game Edukasi Tuntunan Sholat Fardhu untuk Anak berbasis Android

Celo Belia Putri Birastuti, Fatah Yasin

DOI: https://doi.org/10.23917/emitor.v19i2.6346

Abstract

Sholat Fardhu merupakan tiang agama yang wajib dilaksanakan bagi umat Islam. Sholat Fardhu terdiri dari subuh, dzuhur, asar, maghrib, dan isya’. Sholat harus dikenalkan dan ditanamkan pada anak sejak dini. Namun pembelajaran sholat di sekolah umum nya masih menggunakan media cetak yang membuat anak menjadi cepat bosan dan materi yang disampaikan pun sulit di terima. Oleh karena itu perlu adanya media pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik seperti media game edukatif sehingga anak tidak mudah bosan ketika mempelajari materi sholat fardhu. Seiring dengan perkembangan teknologi hampir setiap anak memiliki smartphone yang sering digunakan untuk bermain, maka game tuntunan sholat ini dikembangkan berbasis android sehingga mudah digunakan kapanpun dan dimanapun. Game dibangun menggunakan software Construct 2 dan menggunakan metode yang melalui beberapa tahapan yaitu analisis kebutuhan berupa observasi dan wawancara langsung, pengumpulan data, perancangan aplikasi, pembuatan aplikasi dan pengujian. Pembuatan game ini bertujuan untuk mempermudah dan meningkatkan minat anak dalam mempelajari setiap gerakan dan bacaan sholat fardhu. Hasil dari penelitian ini berupa game edukasi tuntunan sholat yang memiliki dua menu utama yaitu belajar dan bermain. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan di SD MIM Gonilan dapat disimpulkan media pembelajaran game edukatif yang dibuat sangat menarik, interaktif, dan membantu siswa dalam mempelajari bacaan dan gerakan sholat fardhu dengan benar.

Keywords

Sholat Fardhu; Game Edukasi; Android; Construct 2; Corel Draw X7

Full Text:

PDF

References

Ardiansyah, R., & Rahayu, S. (2016). Pengembangan Aplikasi Tata Cara Wudhu dan Shalat Untuk Anak Menggunakan Sistem Multimedia. Jurnal Algoritma, vol. 13(1), 2302-7339.

Hermawan, D. P., Herumurti, D., & Kuswardayan, I. (2017). Efektivitas Penggunaan Game Edukasi Berjenis Puzzle, RPG, dan Puzzle RPG Sebagai Sarana Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, vol. 15(2), 195-205.

Kumala, W. S. J. (2015). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Benda Berbasis Game Untuk Anak Sekolah Dasar Kelas 1. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, vol. 4(1).

Article Metrics

Abstract view(s): 283 time(s)
PDF: 1428 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.