Game Edukasi Menghafal Doa-Doa Harian sebagai Media Belajar untuk Anak Usia Dini berbasis Android

Topan Ramadhan Surya Aji Negara(1*), Fatah Yasin(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Doa merupakan inti ibadah dan yang paling berarti dari sesuatu itu (ibadah) karena bacaan doa dalam setiap ibadah kita itu mengandung doa. Pembelajaran doa sangat penting untuk dilakukan sejak usia dini. Proses pembelajaran di sekolah umumnya masih menggunakan media terbatas dalam penyampain materi yang cenderung monoton dan kurang menarik, untuk itu diperluhkan media pembelajaran yang menghibur dan   menyenangkan salah satunya adalah dengan media permainan edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah game edukasi berbasis android untuk anak usia dini yang digunakan untuk membantu memudahkan siswa dalam belajar dan menghafal doa-doa harian. Penelitian dilakukan di PAUD Aisyiyah Pabelan diawali dengan melakukan proses pengamatan dan wawancara untuk melihat cara belajar siswa dalam memahami materi doa-doa harain yang diberikan guru pengajar. Game dibuat sesuai dengan kurikulum yang diajarkan dengan menggunakan software utama construct 2 yang disajikan dalam bentuk visual 2 dimensi. Pengujian aplikasi dilakukan dengan uji blackbox dan pengenalan game edukasi dengan mendemonstrasikan pada siswa, kemudian siswa mencoba memainkan game edukasi dengan didampingi oleh guru pengajar. Berdasarkan hasil pengujian blackbox dengan hasil aplikasi berjalan dengan baik, Sedangkan untuk hasil penilaian yang telah diberikan guru pengajar melalui kusioner menyatakan bahwa game yang dibuat memiliki tampilan yang menarik sehingga membuat minat belajar anak menjadi meningkat, game membuat anak lebih aktif karena secara tidak langsung mampu melatih kemampuan motorik halus pada anak, serta game dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu alternatif media bantu untuk memodifikasi suasana belajar menjadi lebih menyenangkan.

Full Text:

PDF

References

Suparni. (2016). Metode Pembelajaran Membaca Doa Berbasis Multimedia untuk Anak Usia Dini. Indonesian Journal on software Engineering, 1(2), 57 – 63.

Hamadi, M. R., Lumenta, A., & Putro, M. D. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Hafalan Doa Agama Islam. Jurnal Teknik Informatika, 1(12), ISSN: 2301-8364.

Vitianingsih, A. V. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Inform, 1(1), 39-46.

Wijayanto, P., & Siradj, Y. (2017). The Educational Game “Indonesian Tribes” for the Kindergarten Students. International Journal of Pedagogy and Teacher Education (IJPTE), 1(1), 27-36

Hermansyah, Nurhayati, & Gustomi, L. F. (2017). Desain Aplikasi Pembelajaran Doa-doa Harian Berbasis Game Edukasi. Jurnal sisfotek, 5(2), 81-85.

Riska, D., Jayanti, W. E., & Meilinda, E. (2017). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif “Anak Muslim” Berbasis Android Menggunkan Construct 2. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 2(5), 52-158.

Kokalia, G., Drigas, A., Economou, A., Roussos, P., & Choli, S. (2017). The Use of Serious Games in Preschool Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 1(12), 15-27.

Jones, S. (2016). Pembelajaran Berbasis Multimedia Pengenalan Binatang dan Alat Transportasi untuk Anak Usia Dini 2-3 Tahun. Jurnal Teknologi, 1(9), 78-8.

Article Metrics

Abstract view(s): 1851 time(s)
PDF: 2726 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.