Analisis Peroforma dan Konsumsi Daya Motor BLDC 350 W pada Prototipe Mobil Listrik Ababil

Jatmiko Jatmiko(1*), Abdul Basith(2), Agus Ulinuha(3), Muhammad Afan Muhlasin(4), Ibnu Shokibul Khak(5)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis performa motor listrik dengan jenis BLDC (Brushless DC Motor) atau motor DC tanpa sikat yang di aplikasikan pada prototipe mobil listrik untuk mendapatkan tingkat efisiensi yang tinggi dengan kosumsi daya yang rendah. Mobil listrik tipe prototipe di gunakan untuk kompetisi yang mengedepankan desain, transmisi serta konsumsi bahan bakar yang hemat. Pada penelitian ini di gunakan motor BLDC 350 watt sebagai penggerak utama. Motor akan di kendalikan melalui rangkaian inverter dengan sumber daya baterai berjenis lithium ion dengan kapasitas 48 volt 10 Ampere hour (Ah). Rangkaian inverter berguna untuk mengubah DC menjadi tegangan AC dengan pengaturan sudut penyulutan berupa hall sensor pada motor BLDC. Throttle berupa variabel resistor berbentuk pedal di gunakan untuk mengatur kecepatan motor. Instalasi komponen mobil listrik tipe prototipe terdiri dari pemasangan penggerak utama, aksesoris serta sistem keamanan. Pengujian di lakukan dengan mengukur daya yang di serap oleh motor serta kecepatan dan waktu tempuh pada saat mobil listrik prototipe bergerak. Pada penelitian ini di harapkan hasil pengujian dapat di analisa untuk mendapatkan kinerja mobil listrik dengan efisiensi tinggi yang hemat energi. Pada penelitian ini di hasilkan performa Motor BLDC akan maksimal dengan penggunaan transimi roda yang paling kecil pada saat motor keadaan starting dan keadaan running menggunakan gigi trasmisi paling tinggi. Pola kemudi dengan melepaskan thottel gas dalam keadaan maksimum akan menghasilkan tingkat keiritan daya yang tinggi dengan konsumsi daya paling rendah 6.64 Wh/Km di gigi transimisi 5. Hasil kecepatan rata-rata motor BLDC 350 W pada prototype mobil listrik 21 sampai 52 Km/h. Hasil dari penelitian di gunakan untuk perbaikan serta meningkatkan performa dalam pembuatan mobil listrik untuk kompetisi maupun komersial.

Keywords

Bldc; Efisiensi; Mobil Listrik; Prototipe

Full Text:

PDF

References

Beeton, David. Electric Vehicle Business Models Global Perspectives. Switzerland : Springer, 2014. Google Books, 2014. berkas PDF. 27 Juni 2018) 1.1 Motor DC tanpa sikat( BLDC)

ristekdikti.2017. Panduan Teknis Kompetisi Mobil Hemat Energi. http://kmhe2017.its.ac.id/.DIKTI. Surabaya

William, anton. Keunggunlan Mobil Listrik. https://tekno.tempo.co/read/417918/ini-keunggulan-mobil-listrik. 19 Juli 2012

Azizi, N and Moghaddam, R.K. 2013. Permanent magnet brushless DC motor optimal design and determination of optimum PID controller parameters for the purpose of speed control by using the TLBO optimization algorithm. American Journal of Research Communication, vol. 1, no. 1, pp. 294 -313.

Hidayat. 2014. Pengembangan Hybrid PID-ANFIS (Proportional Integral Derivative Adaptive Neuro Fuzzy Inference Systems) sebagai Pengendali Kecepatan Mesin Arus Searah Tanpa Sikat (MASTS). Desertasi: Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta

Anonim. Inverter. https://id.wikipedia.org/wiki/Power_inverter. 29 juni 2018

Daharmawan, Abe. 2009. Pengendalian Motor Brushless DC dengan Metode PWM Sinusoidal Menggunakan ATMEGA16. Skripsi. Universitas Indonesia.

Brilian. Membaca Skema Cara Kerja Kontroller Bldc Motor Listrik.https://www.electricisart-bogipower.com/2014/12/membacaskema-cara-kerja-kontroller.html. 18 maret 2016

Anonim. Fuse. https://en.wikipedia.org/wiki/Fuse_(electrical). 29 juni 2018

Article Metrics

Abstract view(s): 3135 time(s)
PDF: 6729 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.