Sistem Informasi Pelanggan pada Bengkel Marno Jaya Motor

Khilyatin Ulin Fitri(1*), Azizah Fatmawati(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Sistem informasi pelanggan digunakan untuk membantu perusahaan dalam mengelola data setiap pelanggan yang ada baik itu yang baru ataupun lama. Seperti yang dialami pada Marno Jaya Motor yaitu terhambatnya proses pencarian data terhadap pelanggan lama ataupun dalam proses menambahkan data pada pelanggan lama dikarenakan masih dilakukan secara manual meskipun sudah menggunakan bantuan aplikasi yaitu Microsoft Excel dan Microsoft Word. Bahkan masih menggunakan media kertas sebagai tempat penyimpanan data yang menyebabkan banyak waktu terbuang karena harus mencari dan memilah terlebih dahulu satu persatu. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengembangkan sistem informasi pelanggan yang akan membantu kinerja Marno Jaya Motor dalam mengelola data setiap pelanggannya. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem informasi ini adalah metode wawancara, metode observasi, metode dokumentasi dan metode waterfall yang meliputi analisis kebutuhan, desain, pemrograman, uji coba, dan implementasi. Hasil dari pengembangan berupa sistem informasi pelanggan pada bengkel Marno Jaya Motor dapat membantu karyawan dalam mengelola data dengan waktu yang efektif dan efisien. Berdasarkan pengujian black box, sistem dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. Sedangkan hasil pengujian kuisioner memperoleh presentase 90% sesuai dengan harapan awal perancangan.

Keywords

metode waterfall; pelanggan; sistem informasi

Full Text:

PDF

References

H. Antonio and N. Safriadi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Informatika ( SI-ADIF ),” J. ELKHA, vol. 4, no. 2, pp. 12–15, 2012.

S. T. Safitri and D. Supriyadi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Praktek Kerja Lapangan Berbasis Web dengan Metode Waterfall,” J. INFOTEL - Inform. Telekomun. Elektron., vol. 7, no. 1, p. 69, May 2015.

Y. Nugraheni and Sukadi, “Perancangan Sistem Rekapitulasi Pengunjung Pada Unit Pelaksana Teknis Puskesmas Sukorejo Kecamatan Sudimoro,” IJNS - Indones. J. Netw. Secur., vol. 4, no. 3, Dec. 2013.

S. Balaji and M. S. Murugaiyan, “WATERFALL Vs V-MODEL Vs AGILE : A COMPARATIVE STUDY ON SDLC,” vol. 2, no. 1, pp. 26–30, 2012.

L. J. Moleong and T. Sujarman, Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Karya, 1989.

S. Nurhayati, “Analisis Kebutuhan Proses Bisnis Menggunakan Metode Kano,” Jur. Tek. Komput. Fak. Tek. dan Ilmu Komput. Univ. Komput. Indones. Quaschning, 2005., 2014.

W. D. Prasetyo and A. Fatmawati, “Sistem informasi inventaris desa berbasis web,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.

K. C. Brata and A. H. Brata, “Pengembangan Aplikasi Mobile Augmented Reality untuk Mendukung Pengenalan Koleksi Museum,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 3, p. 347, Aug. 2018.

A. Tribowo, D. S. Rusdianto, and H. Nurwarsito, “Pembangunan Sistem Pengelolaan Restoran Terintegrasi Dengan Pengujian Kualitas Berbasis ISO 9126,” Nov.

Article Metrics

Abstract view(s): 2180 time(s)
PDF: 2156 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.