Sistem Monitoring Keadaan Ruang Laboratorium Fakultas Komunikasi dan Informatika di Universitas Muhammadiyah Surakarta

Ragil Burhanudin Pamungkas(1*), Bana Handaga(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Monitoring merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memantau, mengawasi, dan mengamati hal-hal tertentu pada suatu tempat. Laboratoroim Kakultas KomuniKasi dan Informatika (FKI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) telah melakukan monitoring dengan menggunakan CCTV, namun monitoring menggunakan CCTV terbatas hanya pada citra saja. Maka dari itu penulis bertujuan untuk membuat suatu sistem monitoring keadaan ruang Laboratorium Komputer yang akan bekerja selama 24 jam dalam satu hari. Sistem ini dirancang untuk melakukan monitoring suhu di dalam ruangan, asap di dalam ruangan serta gerakan untuk mendeteksi apakah terdapat aktifitas di dalam ruangan. Selain itu monitoring juga akan dilakukan pada cahaya untuk mengetahui kondisi pencahayaan untuk menentukan kondisi lampu di dalam ruangan serta arus listrik di dalam ruang tersebut. Monitoring dapat dilakukan secara real time melalui android smartphone dengan menggunakan koneksi internet, selain itu pengguna juga akan mendapatkan notifikasi melalui aplikasi android smartphone dan short message service (SMS). Server yang digunakan pada penelitian ini adalah firebase dengan fitur real time database. Selanjutnya hasil dari penelitian akan dibahas pada artikel ini.

Keywords

android smartphone; firebase; monitoring; real time

Full Text:

PDF

References

Rajeev Piyare and Seong Ro Lee, “Smart Home-Control and Monitoring System Using Smart Phone Smart Home-Control and Monitoring System Using Smart Phone,” no. June, 2014.

R. Fikri et al., “Rancang Bangun Sistem Monitoring Ketinggian Permukaan Air Menggunakan Mikrokontroler ATMEGA328P Berbasis Web Service,” vol. V, no. 2, pp. 42–49, 2015.

S. G. Nikhade, “Wireless sensor network system using Raspberry Pi and zigbee for environmental monitoring applications,” 2015 Int. Conf. Smart Technol. Manag. Comput. Commun. Control. Energy Mater., no. May 2015, pp. 376–381, 2015.

P. A. F. Rezeck, H. Azpurua, and L. Chaimowicz, “HeRo : An Open Platform for Robotics Research and Education,” pp. 2–7, 2017.

P. P. Shah, A. A. Patil, and S. S. Ingleshwar, “IoT based smart water tank with Android application,” Proc. Int. Conf. IoT Soc. Mobile, Anal. Cloud, I-SMAC 2017, pp. 600–603, 2017.

K. N. M. Kumar, K. Akhi, S. K. Gunti, M. Sai, and P. Reddy, “Implementing Smart Home Using Firebase,” Int. J. Res. Eng. Appl. Sci., vol. 6573, no. 10, pp. 193–198, 2016.

Article Metrics

Abstract view(s): 1553 time(s)
PDF: 1323 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.