Belajar Fotosintesis dengan Edugame Berbasis Android

Fitria Widya Astari, Endah Sudarmilah

Abstract

Abstraksi Fotosintesis merupakan proses yang selalu dilakukan oleh tumbuhan untuk melangsungkan kehidupan. Proses fotosintesis berupa pembuatan makanan pada tumbuhan dengan menggunakan komponen berupa air, karbondioksida dan cahaya matahari. Hasil dari proses tersebut berupa oksigen yang kita gunakan untuk bernafas dan glukosa untuk pertumbuhan tumbuhan atau disimpan dalam bentuk cadangan makanan. Saat ini penyampaian materi pada siswa hanya menggunakan buku dan belum divisualisasikan dengan baik sehingga susah dalam memahami. Materi fotosintesis merupakan salah satu materi pelajaran pada siswa kelas 5 sekolah dasar. Oleh karena itu, penulis merancang dan menciptakan sebuah game edukasi dengan tema fotosintesis yang bertujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami materi fotosintesis. Game edukasi fotosintesis ini juga diharapkan dapat membantu siswa belajar dengan menyenangkan. Game ini merupakan game 2D yang dibuat dengan Construct 2. Metode yang digunakan pada game edukasi ini adalah SDLC (System Development Life Cycle) dengan model waterfall. Berdasarkan pengujian dengan menggunakan System Usability Scale (SUS) mendapatkan hasil sebesar 71,83 menunjukkan bahwa aplikasi game edukasi fotosintesis memiliki kualitas yang baik dan dapat diterima pengguna.

Katakunci—android; construct 2; fotosintesis; game edukasi

References

Haryanto, “Sains untuk SD/MI kelas V”. Jakarta: Erlangga, 2006. pp.52.

W. A. Sanjaya, “Aplikasi Pembelajaran Fotosintesis Untuk Kelas Lima Sekolah Dasar Ar-Rafi Berbasis Flash Flash-Based Learning Photosynthesis for Grade Ar-Rafi Elementary School,” e-Proceeding Appl. Sci., vol. 2, no. 3, pp. 867–872, 2016.

K. W. Sari, S. Saputro, and B. Hastuti, “Pengembangan Game Edukasi Kimia Berbasis Role Playing Game (RPG) pada Materi Struktur Atom sebagai Media Pembelajaran Mandiri untuk Siswa Kelas X SMA di Kabupaten Purworejo,” J. Pendidik. Kim., vol. 3, no. 2, pp. 96–104, 2014.

D. Gentile, “Pathological Video-Game Use Among Youth Ages 8 to 18,” Psychol. Sci., vol. 20, no. 5, pp. 594–602, 2009.

E. Handriyantini, “Permainan Edukatif ( Educational Games ) Berbasis Komputer untuk Siswa Permainan Edukatif ( Educational Games ) Berbasis Komputer untuk Siswa Sekolah Dasar,” e-Indonesia Initiat. 2009, no. June 2009, pp. 130–135, 2015.

W. I. Nurhayati, “Improving Studets’ Interest Through Games Method In Learning Social Science Education,” Int. J. Pedagog. Soc. Stud., vol. 2, no. 1, p. 64, 2018.

M. R. Rahadi, K. I. Satoto, and I. P. Windasari, “Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 4, no. 1, p. 44, 2017.

Edward, S. L. Learning Process and Violent Video Games. Hand Book of Research on Effective Electronic Game in Education. Florida: University of Florida, 2009.

W. E. Mueller and G. H. Massiha, “A Interactive Game to Enhance Student Understanding of Materials Management,” Int. J. Eval. Res. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 45–50, 2013.

A. V. Vitianingsih, “Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini,” J. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 46–58, 2016.

D. I. Nurrahim and E. Sudarmilah, “EduGame Sejarah Islam Masuk Indonesia,” J. IlmiahTeknik Elektro, vol. 03, no. 2, 2016.

E. Sudarmilah, R. Ferdiana, L. E. Nugroho, A. Susanto, and N. Ramdhani, “Tech review: Game platform for upgrading counting ability on preschool children,” Proc. - 2013 Int. Conf. Inf. Technol. Electr. Eng. "Intelligent Green Technol. Sustain. Dev. ICITEE 2013, pp. 226–231, 2013.

I. Summerville, “Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak)”. Jakarta: Erlangga, 2011.

M. S. Mustaqbal, R. F. Firdaus, and H. Rahmadi, “Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis,” Penguji. Apl. Menggunakan Black Box Test. Bound. Value Anal. (Studi Kasus Apl. Prediksi Kelulusan SNMPTN), vol. I, no. 3, p. 34, 2015.

J. Sauro. “SUStified? Little Known System Usability Scale Facts”, http://uxpmagazine.org/sustified, 2011.

Article Metrics

Abstract view(s): 103 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 128 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.