Sistem Informasi Unit Kegiatan Mahasiswa Marching Band Universitas Muhammadiyah Surakarta berbasis Web

Bayu Pramitasari(1*), N Nurgiyatna(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Marching Band Universitas Muhammadiyah Surakarta adalah lembaga atau wadah aktivitas kemahasiswaan luar kelas yang bergerak dalam bidang musik, tari dan olahraga. Penyebaran informasi kepengurusan dan keanggotaan pada UKM ini belum keseluruhan terekam secara digital. UKM Marching Band UMS membutuhkan media informasi untuk mempublikasikan informasi - informasi yang berhubungan dengan UKM. Yakni diantaranya pencatatan data peminjaman dan pencatatan inventaris yang perlu diketahui pengurus, anggota serta orang lain diluar organisasi yang berkepentingan. Maka dari itu dibuatlah sistem ini untuk membantu seluruh anggota dalam mendapatkan informasi mengenai UKM dan memudahkan dalam pengelolaan data yang dapat diakses melalui web browser. Sistem Informasi ini dibuat dengan metode pengembangan perangkat lunak Waterfall. Bahasa pemrograman yang digunakan PHP serta database MYSQL. Hasil akhir adalah sebuah aplikasi berbasis website yang digunakan untuk membantu UKM untuk mengolah data kegiatan, penyebaran informasi dan inventaris yang dimiliki. Berdasarkan hasil uji black box fitur dalam sistem dapat berfungsi sesuai dengan semestinya dari pengujian user sebanyak 37 responden dan didapatkan kesimpulan 91,1% setuju bahwa sistem informasi ini dapat membantu penngelolaan data dan penyebaran informasi pada UKM Marching Band.

Keywords

Sistem Informasi; Web; Unit Kegiatan Mahasiswa; PHP; MYSQL

Full Text:

PDF

References

A. Budiyanto, “Sistem Informasi Unit kegiatan Mahasiswa STMIK Amikom Yogyakarta Berbasis Web,” STMIK AMIKOM YOGYAKARTA, 2014.

I. Sadewa and K. Siahaan, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Unit Kegiatan Mahasiswa ( Ukm ) Berbasis Web Pada,” vol. 1, no. 2, pp. 135–146, 2016.

H. Aulawi, M. A. Ramdhani, C. Slamet, H. Ainissyifa, and W. Darmalaksana, “Functional Need Analysis of Knowledge Portal Design in Higher Education Institution,” Int. J. Soft Comput., vol. 12, no. 2, pp. 132–141, 2017.

S. Sauri, A. T. Haryono, I. F. Astuti, D. M. Khairina, and D. Cahyadi, “Sistem Informasi Unit Kegiatan Mahasiswa (Ukm) Sepakbola Universitas Mulawarman Berbasis Web,” J. Inform. Mulawarman, vol. 10, no. 2, pp. 46–50, 2015.

F. Rizki, “Sistem Informasi Pendataan Anggota Marching Band Universitas Gadjah Mada,” Univeritas gadjah mada, 2017.

D. Styadi, “Rancang Bangun Aplikasi Efisiensi Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Speech Recognition Berbasis Java Mobile,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018.

M. P. Putri, “SISTEM INFORMASI UNIT KEGIATAN MAHASISWA,” no. 2015, pp. 315–319, 2016.

A. Tanjaya, “Perancangan Aplikasi Katalog Produk Dan Pemesanan Berbasis Web Pada Pt . Health Wealth International,” STMIK TIME MEDAN, 2015.

M. S. Mustaqbal, R. F. Firdaus, and H. Rahmadi, “Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis,” Penguji. Apl. Menggunakan Black Box Test. Bound. Value Anal. (Studi Kasus Apl. Prediksi Kelulusan SNMPTN), vol. I, no. 3, p. 34, 2015.

A. K. Khasanah, “Tugas akhir skripsi,” PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA, 2015.

Article Metrics

Abstract view(s): 2458 time(s)
PDF: 2154 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.