Rancang Bangun Sistem Penjadwalan Pada SMA Muhammadiyah Al Kautsar Program Khusus Kartasura

Novendius Eka Saputra, Heru Supriyono

DOI: https://doi.org/10.23917/emitor.v20i1.8336

Abstract

Penjadwalan merupakan kegiatan rutin setiap instansi pendidikan yang dilakukan setiap awal semester untuk menentukan jadwal kegiatan yang akan dilakukan dalam satu semester kedepan. Era perkembangan teknologi saat ini banyak instansi yang sudah memanfaatkan teknologi sebagai inovasi baru untuk mempermudah pekerjaan. Kondisi yang dialami pada SMA Muhammadiyah Al Kautsar Program Khusus Kartasura dalam pembuatan jadwal masih menggunakan cara manual dimana dalam mengatur jadwal harus menyesuaikan waktu dan kelas agar antar guru tidak terjadi bentrokan di jam dan hari yang sama. Begitu pula dalam pengecekan jadwal yang dilakukan oleh siswa masih menggunakan cara yang kurang efektif yaitu dengan cara menulis kembali jadwal yang ditempelkan di papan pengumuman. Pembuatan dan pengecekan jadwal secara manual membutuhkan waktu lama, serta dalam pengecekan jadwal secara manual dapat terjadi human error. Sistem ini dapat mempermudah dalam pembuatan jadwal secara komputerisasi agar efektif dan efisien. Sistem ini berbasis website yang menggunakan metode waterfall dengan framework codeigniter dan basisdata MySQL. Tugas akhir ini betujuan untuk mempermudah admin dalam pembuatan jadwal dan user dalam melihat jadwal melalui website maupun android. Sistem diuji oleh siswa (user) dan guru (admin) di SMA Muhammadiyah Al Kautsar Program Khusus Kartasura dan didapatkan kesimpulan yakni 92% responden admin dan 80,44% responden user setuju bahwa sistem ini memudahkan dalam pembuatan maupun pengecekan jadwal secara efektif dan efisien.

Keywords

: jadwal; codeigniter; website; guru; siswa

References

M. I. S. Al-zoubi dan A. Sari, “Web Based Timetable Scheduling System For Applied Sciences at College Of Arts and Sciences (CAS),” Int. J. Eng. Res. Manag. Stud., vol. 3, no. 10, hal. 11–20, 2016.

M. Dener dan M. H. Calp, “Solving the Exam Scheduling Problems in Central Exams With Genetic Algorithms,” Int. J. Mugla J. Sci. Technol., hal. 102–115, 2018.

A. Nugroho, W. Priatna, dan I. Romli, “Implementasi Algoritma Genetika Untuk Optimasi Penjadwalan Mata Kuliah,” J. Teknol. dan Ilmu Komput. Prima, vol. 1, no. 2, hal. 35–41, 2018.

G. Tegar Sanjaya dan B. Sumboro, “Rancang Bangun Aplikasi Penjadwalan Kuliah Stmik Aub Surakarta Berbasis Web,” Ilmiah, J. Infotech, G O, vol. 21, no. 1, 2015.

Y. Sari, M. Alkaff, E. S. Wijaya, S. Soraya, dan D. P. Kartikasari, “Optimasi Penjadwalan Mata Kuliah Menggunakan Metode Algoritma Genetika dengan Teknik Tournament Selection,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 1, hal. 85–92, 2019.

G. W. Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” J. Pengemb. IT, vol. 2, no. 1, hal. 6–12, 2017.

H. Supriyono, N. A. Saputro, dan R. A. Pradessya, “Rancang Bangun Sistem Manajemen Presensi Berbasis SMS Gateway ( Studi Kasuss : SMP Muhammadiyah 1 Kartasura ),” 3rd Univ. Res. Colloq., hal. 1–15, 2016.

Article Metrics

Abstract view(s): 37 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 10 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.