Sistem Penampil Informasi Koleksi Tanaman Berbasis Qr Code Di Green House Biologi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Wisnu Wahyu Aji, Heru Supriyono

DOI: https://doi.org/10.23917/emitor.v20i1.8383

Abstract

     Green House biologi Universitas Muhammadiyah Surakarta adalah sebuah kebun praktik progam studi biologi yang berisi kurang lebih 66 tumbuhan guna memberikan edukasi dan menunjang matakuliah praktikum. Namun penulis menemukan fakta bahwa dari banyaknya koleksi di green house kurang dari 5% yang memiliki informasi atau label. Dari permasalahan ini penulis melakukan penelitian di green house Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah memudahkan mahasiswa biologi untuk mendapatkan informasi data koleksi tanaman dengan cepat dan mudah serta mengenalkan green house biologi ke mahasiswa seluruhnya beserta fasilitas laboratorium karena informasi green house masih minim diwebsite biologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode System Development Cycle (SDLC) dengan model Waterfall. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sistem informasi berbasis website dengan memanfaatkan teknologi QR Code untuk menampilkan data koleksi tanaman di green house. Sistem ini menggunakan pemindai smartphone untuk membaca QR Code yang berisi alamat Uniform Resource Locator (URL) dan dialihkan kealamat tersebut. Dari hasil penelitian penulis melakukan pengujian untuk memastikan kualitas dari sistem yang dibuat. Penulis melakukan pengujian menggunakan metode black box. Pada pengujian sistem didapatkan hasil semua fungsi dapat berjalan dengan baik, mahasiswa atau user memudahkan dalam mendapat informasi tanaman dan memudahkan pengelola dalam memonitoring tanaman.

Keywords

Tanaman; Sistem Informasi; QR Code; Smartphone; URL

References

Gao, Y., Liu, T.-c., & Pass, F. (2016). Effects of mode of target task selection on learning about plants in a mobile learning environment: Effortful manual selection versus effortless Qr-code selection. Journal of Educational Psychology, 108(5) 694-704.

Kadarisman, E. P & Supriyono Heru. (2019). Sistem Penampil Informasi Koleksi Batik Berbasis QR Code di Gedung Seminar Siti Walidah Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Ilmiah Sinus (JIS), 17(1), 2548-4028.

Masalha, F., & Hirazallah, N. (2014). A Students Attendance System Using QR Code. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 5(3), 75-79.

Pandya, K. H., & Galiyawala, H. J. (2014). A Survey on QR Codes: in context of Research and Application. International Journal of Emerging Technology and Advanced Engineering, 4(3), 258-262.

Singhal, A., & Pavithr, R. (2015). Degree Certificate Authentication using QR Code and Smartphone . International Journal of Computer Applications , 120(16), 38-43.

Article Metrics

Abstract view(s): 15 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.