Forlap Scraper menggunakan Aplikasi Android

Sigit Rizqi Ramadan(1*), Bana Handaga(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Android merupakan salah satu platform sistem operasi besutan dari Google yang diterapkan pada perangkat mobile berbasis Linux seperti smartphone dan komputer tablet. Tingkat penggunaan android di masyarakat semakin meningkat seiring perkembangannya yang mampu membantu masyarakat dalam pekerjaan sehari-hari khususnya dalam kegiatan berkomunikasi dan saling menukar informasi. Kecepatan dalam mendapat dan mengirim informasi menjadi alasan dalam pengembangan teknologi saat ini, seperti halnya dengan kebutuhan mahasiswa dalam mengakses Forum Laporan Pendidikan Tingi atau Forlap Dikti. Forlap Dikti merupakan suatu laman website yang dikembangkan oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang berisi data aktivitas akademik mahasiswa seluruh Indonesia yang didasarkan pada data pelaporan perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Oleh karena itu dibutuhkan aplikasi pendukung yang mampu untuk memudahkan dan mempercepat kebutuhan mengakses informasi pada laman website Forlap Dikti dengan menggunakan aplikasi android. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu aplikasi mobile sistem informasi berbasis android yang mampu mempermudah dan mempercepat mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk dalam mengakses data mahasiswa pada laman website Forlap RistekDikti menggunakan metode web scraping menggunakan python, Android Studio dalam bahasa pemrograman java sebagai software IDE dan REST API untuk pertukaran data. Berdasarkan pengujian yang dilakukan kepada 30 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dapat diketahui bahwa 90% responden setuju aplikasi ini layak digunakan.

Keywords

Andoid; Forlap Dikti; REST API; Web Scraper

Full Text:

PDF

References

L. Ma, L. Gu, and J. Wang, “Research and Development of Mobile Application for Android Platform,” vol. 9, no. 4, pp. 187–198, 2014.

S. Mukherjee, P. J. Prakash, and D. Kumar, “Android Application Development & Its Security,” vol. 4, no. 3, pp. 714–719, 2015.

A. Josi et al., "PENERAPAN TEKNIK WEB SCRAPING PADA MESIN PENCARI ARTIKEL ILMIAH".

A. Ambre, P. Gaikwad, K. Pawar, and V. Patil, “Web and Android Application for Comparison of E-Commerce Products,” no. 4, pp. 266–268, 2019.

L. Richardson and S. Ruby, RESTful Web Services, First Edit. O’Reilly Media, Inc., 1005 Gravenstein Highway North, Sebastopol, CA 95472, 2007.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia “Ijazah, Sertifikat Kompetensi, dan Sertifikat Pendidikan Tinggi,” Ber. Negara Republik Indones. Tahun 2014 Nomor 1179, pp. 1–12.

H. Amrullah and B. Handaga, “SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNTUK LAYANAN MAHASISWA UMS BERBASIS MOBILE,” J. Emit., vol. 17, no. 02, pp. 9–20, 2017.

Article Metrics

Abstract view(s): 623 time(s)
PDF: 420 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.