Sistem Pengukur Curah Hujan sebagai Deteksi Dini Kekeringan pada Pertanian Berbasis Internet of Things (IoT)

Satrio Setyo Laksono(1*), N Nurgiyatna(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Hujan merupakan faktor penting dalam segala aspek kehidupan, tidak tentunya kedatangan hujan saat ini sangat berpengaruh terhadap kegiatan industri, terutama pada sektor pertanian. Dalam industri pertanian tinggi rendahnya curah hujan sangat berpengaruh dalam pengelolaan sumber daya dan juga sangat menentukan hasil panen yang akan didapati. Sebagai contoh curah hujan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan gagal panen dikarenakan resiko terjadinya banjir yang membuat tanaman padi mati, begitu pula curah hujan yang terlalu sedikit dapat pula menyebabkan gagal panen dikarenakan kurangnya sumber air. Dengan adanya Inernet of Things (IoT) dan Social Media diharapkan dapat membantu para petani dalam mengelola sumber air untuk lahan pertanian mereka. Penelitian ini menggunakan metode eskperimental dengan percobaan langsung terhadap hujan. Raspberry pi 3 digunakan sebagai controller, sensor magnetik diterapkan sebagai pengukur curah hujan yang dihubungkan memalui interface GPIO pada raspberry pi 3, dan diteruskan pada API (Application Programming Interface) Telegram berupa bot sebagai sebuah pesan. Tampilan pengontrol berupa sebuah layar chat yang terdapat pada telegram yang dapat digunakan untuk mengirim perintah yang sudah disediakan.

Keywords

Hujan; pertanian; raspberry pi3; internet of things; telegram; API; social media

Full Text:

PDF

References

I. N. Hidayati dan S. Suryanto, “Pengaruh perubahan iklim terhadap produksi pertanian dan strategi adaptasi pada lahan rawan kekeringan,” JESP - Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, vol. 16, no. 1, April 2015.

S. Evdokimov, B. Fabian, O. Gnther, L. Ivantysynova, dan H. Ziekow, “Rfid and the internet of things: Technology, applications, and security challenges,” Information and Operations Management, vol. 4, pp. 105–185, 01 2010.

L. N. Gunawan, J. Anjarwirawan, dan A. Handojo, “Aplikasi bot telegram untuk media informasi perkuliahan program studi informatika-sistem informasi bisnis universitas kristen petra,” JURNAL INFRA, vol. 6, no. 1, 2018.

M. A. Putra, “Rancang bangun alat pengukur curah hujan tipe tipping bucket otomatis berbasis mikrokontroler arduino mega 2560 dan internet of things (iot),” ” 2017.

K. Adawadkar, “Python programming-applications and future,” International Journal of Advance Engineering and Research Development, 2017.

Article Metrics

Abstract view(s): 3722 time(s)
PDF: 3397 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.