Powerbank Piezoelektrik Menggunakan Tekanan Tangan

Reggya Mayang Ratih, Muhamad Ibnu Yasyak, Hijiril Nugroha, Umi Fadlilah

DOI: https://doi.org/10.23917/emitor.v20i1.8597

Abstract

Perkembangan smartphone yang semakin canggih membuat penggunaan daya baterai smartphone semakin meningkat. Dilatarbelakangi oleh tidak terbatasnya aktivitas outdoor maupun indoor yang selalu membutuhkan smartphone dalam kondisi on dan terbatasnya terminal listrik serta terbatasnya daya baterai handphone yang cepat habis membuat keberadaan powerbank menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Fungsi dari powerbank tidak lain adalah untuk menyimpan daya cadangan, yang  mana bisa digunakan disaat jauh dari jangkauan listrik. Akan tetapi powerbank pada umumnya belum dapat memecahkan masalah secara maksimal, karena apabila daya yang tersimpan dalam powerbank habis, maka powerbank perlu diisi daya kembali. Dalam pengisian daya powerbank membutuhkan energi lagi dari sumber listrik. Artikel ini mendeskripsikan tentang powerbank piezoelektrik yang dapat menghasilkan tegangan dan arus listrik yang dapat digunakan untuk mengisi daya handphone dengan cara ditekan menggunakan tangan.

Keywords

piezoelektrik; smartphone; tegangan; tekanan; daya.

References

S, Astri. 2016. Rata-Rata Orang Indonesia Habiskan Waktu 5,5 Jam Main HP dari Bangun Hingga Beranjak Tidur. Available: http://www.tribunnews.com/lifestyle/2016/02/26/rata-rata-orang-indonesia-habiskan-waktu-55-jam-main-hp-dari-bangun-hingga-beranjak-tidur.

Anto, Budhi , Edy Hamdani dan Rizki Abdullah. Portable Battery Charger Berbasis Sel Surya. Jurnal Rekayasa Elektrika Vol. 11 , No. 1, April 2014, hal 19-24

Kierby, Joelius. 2012. Pengisisan Baterai Handphone dengan Solar Cell. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.

Wijanto, Eddy dkk. Pengujian Sistem Konversi Energi Suara menjadi Energi Listrik Menggunakan Piezoelektrik. Techné Jurnal Ilmiah Elektroteknika Vol. 17 No. 1 April 2018 Hal 59 – 67.

Madia, Aidil Akmal. 2017. Prototipe Alat Penghasil Listrik Dari Tekanan Mekanik Berbasis Piezoelektrik. Gowa : Universitas Hasanuddin.

Hariyanto dan Agus R. Utomo. 2013. Studi Analisis Gelombang Tegangan Piezoelektrik. Depok: Universitas Indonesia.

Usman dkk. Perancangan dan Pembuatan Trainer Penyearah Terkendari 3 Fasa. Jurnal Teknolodi Terpadu Vol. 5 No. 1 April 2017.

Irpandi, Muhammad. 2015. Pengisian Baterai Handphone Berbasis Piezoelektrik. Batam : Politeknik Negeri Batam.

Maulana, Riza. 2016. Pemanfaatan Sensor Piezoelectric Sebagai Penghasil Sumber Energi pada Sepatu. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Achmad Yani dan Gunawan. Rancang Bangun Perangkat Catu Daya Mandiri pada Laptop dengan Memanfaatkan Port USB dan Rangkaian Joule Thief. Journal of Electrical Technology Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatra Utara, Vol 2, No 3(2017).

Yulia, Efi, dkk.Polisi Tidur Piezoelektrik Sebagai Pembangkit Listrik dengan Memanfaatkan Energi Mekanik Kendaraan Bermotor. Jurnal Otomasi Kontrol dan Instrumentasi Vol 8 (1), 2016.

Rinaldi, R Gustav, Muhammad Anton Kuncoro, dan Yesiana Arimurti. 2018. Perbandingan Pengisisan Kapasitor Oleh Piezoelektrik dengan Bateri, Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) 2018. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Article Metrics

Abstract view(s): 77 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 3 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.