Rancang Bangun pH Meter Otomatis Menggunakan Atmega 16 Dalam Upaya Peningkatan Akurasi Pembacaan pH Larutan Senyawa Kimia

Risal Arief, Hardianto Hardianto, Arief Muliawan

DOI: https://doi.org/10.23917/emitor.v20i1.8799

Abstract

Penggunaan indikator pH konvensional untuk pengujian larutan senyawa kimia tidak dapat menunjukkan angka pH dengan signifikan karena merupakan hasil pembacaan dengan cara pendekatan pada warna trayek pH. Dampak lainnya berupa  masalah keselamatan dari penguji pH. Dalam penelitian ini dilakukan perancangan dan pembuatan sebuah alat pH Meter menggunakan Mikrokontroller ATMega16 yang dapat mengukur pH sebuah larutan sehingga akurasi pembacaan nilai pH dapat meninggkat dari pada menggunakan indikator konvensional. Alat ini akan bekerja secara otomatis menggerakan probe sensor pH naik dan turun sehingga masalah keselamatan di atas dapat diminimalkan dampaknya dan dapat mempermudah kerja penguji pH. Dalam pengujian dilakukan pengamatan beberapa parameter uji serta melakukan analisa terhadap beberapa sampel larutan kimia yaitu HNO3 (Asam Nitrat), CH3COOH (Asam Cuka), Aquadest, Antiseptik, dan NaOH. Dari pengujian pH yang dilakukan didapatkan hasil akurasi pembacaan nilai pH dengan perhitungan standar deviasi dibawah 0.1. Dari hasil penelitian tersebut, diketahui hasil  yang didapatkan sesuai dengan spesifikasi awal sensor pH yang memiliki tingkat akurasi  ± 0.1, sehingga dapat disimpulkan bahwa pH Meter yang dirancang bangun oleh penguji dapat memenuhi aspek dari tujuan peneliti serta dapat bekerja sesuai fungsinya.

Keywords

Asam Basa; pH Meter; ATMega 16

References

S. Haryati, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Untuk Pokok Bahasan Asam Basa Berbasis Bahan Alam Menggunakan Buah Pucuk Merah (Syzygium campanulatum korth),” J. Pendidik. Kim. Univ. Riau, vol. 1, no. 1, pp. 14–23, 2016.

C. Indira, “Pembuatan Indikator Asam Basa Karamunting,” J. Kaunia, vol. 11, no. 1, pp. 1–10, 2015.

W. Muhammad Hizbul, E. Yuliyanto, and M. Retnoyuanni, “Pemanfaatan Bunga Tapak Darasebagai Alternatif Pembuatan Indikator pH Asam‐Basa,” Pelita-Jurnal Penelit. Mhs. UNY, no. 1, 2009.

A. S. Alam and H. Matalata, “Perancangan Alat Pengolahan Air Minum Otomatis Pada Proses Netralisasi pH Dan Aerasi,” J. Electr. Power Control Autom., vol. 1, no. 2, pp. 33–38, 2018.

T. Malinowski, T. Mikolajczyk, and A. Olaru, “Control of articulated manipulator model using ATMEGA16,” in Applied Mechanics and Materials, 2014, vol. 555, pp. 147–154.

Article Metrics

Abstract view(s): 32 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 3 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.