PERBEDAAN KREATIVITAS PADA SISWA SEKOLAH DASAR (SD) DAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT)

Jauhariatun Marfu’ah(1*), Suparno Suparno(2), Rosana Dewi(3),

(1) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v9i1.1616

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kreativitas pada siswa SD dan SDIT dan untuk mengetahui perbedaan kreativitas pada siswa yang berinteligensi tinggi dan rendah. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu ada perbedaan kreativitas pada siswa SD dan SDIT dan ada perbedaan kreativitas pada siswa yang memiliki inteligensi tinggi dan rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD dan SDIT di Salatiga. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan alat tes TKF dan CPM. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan teknik analisis dwivariat uji-t, menghasilkan t antar kelompok sebesar -2.887 dengan p = 0.005 atau p < 0.05 yang berarti ada perbedaan kreativitas yang signifikan pada siswa SD dan SDIT, dan sebesar 1.556 dengan p = 0.127 atau p > 0.05 yang berarti tidak ada perbedaan kreativitas yang signifikan pada siswa yang memiliki inteligensi tinggi dan rendah. Sistem pendidikan memberikan sumbangan efektif sebesar 1.14 % terhadap kreativitas siswa dan inteligensi memberikan sumbangan efektif sebesar 7.2 % terhadap kreativitas siswa

References

Anastasi, A. (1997). Tes Psikologi. Jilid 1 . Jakarta : Prenhalindo.

Arifin, M. (2000). Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta : Bumi Aksara.

Azwar, S. (1999). Pengantar Psikologi Inteligensi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Djunaedi, D. (2005). Memacu Kreativitas Siswa dalam Belajar.

h t t p : / / w w w . p i k i r a n rakyat.com.(diakses pada tanggal 08

Maret 2007) Darto. (2006). Islamic School, sebuah

Alternatif. http://www.artikel.us/ darto06-04.html.(diakses pada

tanggal 08 Maret 2007)

Eliasaputra. (1999). Era Sekolah Unggulan. Ummi. Edisi 6. Jakarta

Fuad,I. (1997). Dasar-dasar Kependidikan (Komponen

MKDK) : Jakarta : Rineka Cipta.

Hurlock, E.B. (1990). Psikologi Perkembangan Suatua

Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Terjemahan

Istiwidayanti, Soedjarwo). Jakarta : Erlangga

Hidayah, N. (1993). Pengaruh Pola Asuh Orang tua terhadap Tingkah laku Anak. Jakarta : Rineka Cipta.

Mukhtar,

DesviY. (2000). Kreativitas Siswa Sekolah Alam dan Sekolah

Dasar biasa. Skripsi (TidakDiterbitkan). Yogyakarta :

Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Munandar, U. (1999). Pengembangan Kreativitas Anak Berbaka.Jakarta : Rineka Cipta.

(1992). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia.

. (1988). Kreativitas Sepanjang Masa. Jakarta : Balai Pustaka.

. (1988). Laporan Standarisasi Tes Kreativitas Figural. Jakarta :

Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Nursito. (2000). Menggali Kreativitas. Yogyakarta : PT. Mitra Gama Widya

Soemardjan, S. (1983). Kreativitas Suatu Tinjauan dari Sudut

Pikologi.Jakarta: DianRakyat. Fenomena munculnya SDIT.http://

www.hayatuislam.net (diakses tanggal 13 April 2007)

Inteligensi dan IQ. http://www.balitacerdas.com.Jum’at, 16 Januari 2004 (diakses tanggal 14 Mei 2007).

Latar Belakang Pendirian JSIT.http://www.jsit.or.id (diakses tanggal 08 Maret 2007).

Article Metrics

Abstract view(s): 728 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 327 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.