Pengaruh Pelatihan Peduli Lingkungan terhadap Efikasi Diri Siswa Daerah Rawan Abrasi

Nurmayadi Setiawan

DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v11i2.1621

Abstract

Remaja yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki, serta besar dalam lingkungan yang mendukung secara kondusif merupakan harapan terciptanya generasigenerasi penerus yang berkualitas. Terjadinya bencana alam dan kerusakan alam yang semakin parah secara psikologis akan menyebabkan beberapa dampak negatif seperti kecemasan, stress, depresi dan ketidakberdayaan secara subjektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan peduli lingkungan terhadap efikasi diri siswa daerah rawan abrasi. Hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh pelatihan peduli lingkungan terhadap efikasi diri siswa daerah rawan abrasi, ada perbedaan efikasi diri siswa daerah rawan abrasi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, efikasi diri kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 1 Sayung Kabupaten Demak Jawa Tengah. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala efikasi diri. Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik uji t-Test. Diperoleh nilai efikasi diri sebesar 1,225; p= 0,223 (p< 0,05). Nilai rata-rata skala efikasi diri pada kelompok eksperimen 1,77 dan nilai rata-rata efikasi diri pada kelompok kontrol 1,54. Nilai rata-rata ini dapat diinterpretasi bahwa ada perbedaan atau selisih rata-rata pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, namunperbedaan tersebut tidak signifikan. Artinya tidak ada pengaruh antara pelatihan peduli lingkungan terhadap efikasi diri siswa daerah rawan abrasi dan kelompok eksperimen memiliki efikasi diri yang lebih baik daripada kelompok kontrol.

Full Text:

PDF

References

Bandura, A. (1986). Self efficacy : Toward a

unifiying the original of behavior change

Psychologycal Review. New Jersey: Prentice

Hall.

________. (1997). Self efficacy mechanism in

human agency American Psychology. New

Jersey: Prentice hall.

Darsono, V. (1995). Pengantar ilmu lingkungan.

Yogyakarta: Penerbit Universitas Atma Jaya.

Kreitner, R dan Kinichi, A. (2003). Perilaku organisasi. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Retno, D. (2007). Pengaruh pelatihan relaksasi terhadap kecemasan siswa menghadapi ujian semester. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Surakarta:Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Robbins, S. P. (1996). Perilaku organisasi : Konsep, kontroversi, aplikasi jilid 1 terjemahan. Jakarta: PT Prinhallindo.

Truelove, S. (1995). The handbook of training and development. Massachuttes: Blackwell Publisher Ltd.

Uti, N. (2008). Abrasi semakin parah di Sayung. Jakarta: Kompas (Sabtu, 6 Desember 2008.)

Article Metrics

Abstract view(s): 271 time(s)
PDF: 189 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.