DINAMIKA PSIKOLOGIS NARAPIDANA ANAK PELAKU PEMBUNUHAN: STUDI KASUS DI LAPAS ANAK KUTOARJO

Arinal Maftukh Alifah, Nanik Prihartanti, Imron Rosyidi

Abstract

Beberapa penelitian kriminalitas remaja menyebutkan bahwa pelaku kejahatan kekerasan yang masih berusia anak-anak  banyak yang berasal dari rumah yang tidak harmonis, anak-anak dari latar belakang sosial-ekonomi rendah, anak-anak dengan akses senjata tanpa pengawasan yang cukup, anak-anak yang pernah mengalami kekerasan dan pengabaian, serta anak yang menggunakan atau menyalahgunakan zat adiksi terlarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dinamika psikologis narapidana anak pelaku pembunuhan. Informan dalam penelitian ini berjumlah 2 anak laki-laki narapidana pelaku pembunuhan, pemilihan informan dilakukan dengan purposive sampling. Karakterstik informan sebagai berikut : a) Seorang narapidana anak, b) laki-laki, c) Berusia antara 8-18 tahun, d) Belum menikah, e) Berada dalam pembinaan Lembaga Pemasyarakatan Anak di Kutoarjo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek psikologis yang mempengaruhi anak di bawah umur melakukan pembunuhan di antaranya kecemasan, kecenderungan gangguan patologis, frustasi, tertekan, konflik dan balas dendam. Adapun faktor eskternal yang mempengaruhi anak di bawah umur melakukan pembunuhan adalah kondisi keluarga yang tidak harmonis, pengaruh teman sebaya, dan diperberat oleh alkohol serta teradiksi judi online. Aspek psikologis dan faktor eksternal yang melatarbelakangi anak melakukan pembunuhan memiliki hubungan korelasional.

Full Text:

PDF

References

Faturochman, & Ancok, D. (2001). “Dinamika Psikologis Penilaian Keadilan”. Jurnal

Psikologi. (1), 41-60 Krahe, B. (2005). Perilaku Agresif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Koeswara, E. (1988). Agresi Manusia. Bandung : PT Eresco Lemmens, J.S, dkk. 2009. “Development and Validation of a Game Addiction Scale for Adolescents”. Media

Psychology. (12) : 77-95 Margaretha. (2013). Kejahatan Anak. [Online]. Tersedia :

http://psikologiforensik.com/tag/kejahatan-anak/ [1 Januari 2015]

Maslim, R. (2013). Buku Saku Diagnosis Gangguan Jiwa Rujukan Ringkas dari PPDGJ – III dan DSM 5. Jakarta : Bagian Ilmu Kedokteran Jiwa FK Unika Atma Jaya.

Nadesul, H. (2006). Sehat Itu Murah. Jakarta : PT. Kompas Media Nusantara

Papalia D.E., Olds, S.W., & Feldman, R.D. (2009). Human Development Perkembangan Manusia. Jakarta : Penerbit Salemba Humanika.

Semium, Y. (2008). Kesehatan Mental 1. Yogyakarta : Penerbit Kanisius.

Shiddiqah, L. (2010). Pencegahan dan Penanganan Perilaku Agresif Remaja Melalui Pengelolaan Amarah (Anger Management).. Jurnal Psikologi. 37, (1) : 50-64

Singelton, dkk (2013). Alcohol and Mental Health. [Online]. Tersedia : www.drinkaware.co.uk [16 Mei 2015]

Suharsono dan Retnoningsih, A. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Lux. Semarang : Widya Karya.

Supeno, H. (2010). Kriminalisasi Anak. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Ulwan, A.N. (1981). Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam. Semarang : CV. Asy Syifa

Willis, S.S. (2005). Remaja dan Permasalahannya. Bandung : Penerbit CV. Alfabeta

Article Metrics

Abstract view(s): 1050 time(s)
PDF: 1361 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.