Pengajaran Kreativitas Anak Berkebutuhan Khusus pada Pendidikan Inklusi

Lia Mareza

DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.2764

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pembelajaran ekspresi seni rupa di Purwokerto belum berjalan dengan maksimal. Pengalaman guru dalam berkesenian, pengalaman guru dalam proses penciptaan karya hingga khususnya pengalaman artistik bagi anak berkebutuhan khusus tidak dapat dicapai secara optimal. Untuk mengatasinya maka perlu diketahui kendala dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran kreativitas di SD/SMP Inklusi di Purwokerto serta faktor-faktor yang menimbulkan hambatan terjadi. Melalui metode  penelitian kualitatif, pengumpulan data dalam penelitian kualitatif dapat dilakukan dengan beberapa macam teknik pengumpulan data. Setelah kendala atau hambatan diketahui, maka solusi atau jalan keluar untuk pelaksanaan kegiatan kreativitas sebagai pembelajaran ekspresi seni yang lebih baik pun dapat dicapai, dan diterapkan untuk pencapaian tujuan pembelajaran seni budaya tingkat SD/SMP di Purwokerto yang lebih baik dan membawa manfaat bagi siswa, guru, sekolah dan masyarakat.

Kata kunci : anak berkebutuhan khusus, inklusi, kreativitas

 

References

Anjaryati, Fibriana. 2011. Pendidikan Inklusi Dalam Pembelajaran Beyondcenters And Circle Times (Bcct) Di Paud Inklusi Ahsanu Amala Yogyakarta. Tesis . Yogyakarta: UIN Kalijaga.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Farokhi, M & Hashemi, M. (2011). The Analysis of Childrens Drawings: Social, emotional, physical, and Psychological Aspect. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 30. 2219-2224.

Gatta, M., Gallo, C & Vianello, M. (2014). Art Therapy Groups for Adolescents with Personality Disorders. The Artsin Psychotherapy 41, 1-6.

Hasibuan, J. J & Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Katjik, dkk. 1972. Metode Pengajaran Seni Rupa untuk SMA. IKIP Malang: Sub Proyek Penyusunan Metode Khusus Proyek Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi

Kim, S. & Ki, J. (2014). A Case Study on The Effects of The Creative Art Therapy with Stretching and Walking Meditation-Focusing On The Improvement of Emotional Expression and Alleviation of Somatisation Symptoms in A Neurasthenic Adolescent. The Art in Psychotherapy, 41, 71-78.

Malchiodi, C.A. (1998). Understanding Children’s Drawings. New York: The Guilford Press.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Schultz, Duane. 1991. Psikologi Pertumbuhan, Model-Model Kepribadian Sehat. Yogyakarta: Kanisius.

Sumiati & Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Article Metrics

Abstract view(s): 1490 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 4196 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.