Kecenderungan Pembelian Impulsif Online Ditinjau dari Penjelajahan Website Yang Bersifat Hedonis dan Jenis Kelamin pada Generasi Y

Theda Renanita

DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.4457

Abstract

Generasi Y merupakan generasi yang rentan terpapar oleh kemajuan teknologi informasi. Dalam proses transaksi jual beli, generasi Y begitu mudah mengakses informasi. Kondisi ini tentu dapat memberi dampak terhadap pola pembelian yang dilakukan remaja salah satunya adalah pembelian impulsive yang dilakukan secara online. Penelitian ini menguji dua hal yakni apakah pembelian impulsive pada remaja pria dan wanita berbeda. Tujuan kedua adalah menguji korelasi antara penjelajahan website yang bersifat hedonis dengan pembelian impulsive pada generasi Y. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala pembelian impulsif online dan skala penjelajahan website secara hedonis. Subjek yang terlibat berjumlah 84 orang. Analisis menggunakan analisis korelasional untuk menguji hubungan antara penjelajahan website hedonis dengan pembelian impulsive. Uji beda digunakan untuk menguji  perbedaan pembelian impulsif antara pria dan wanita. Dari hasil analisis menunjukkan jika kedua hipotesis diterima. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat dalam pengembangan psikologi konsumen serta dapat dimanfaatkan untuk menanggulangi pembelian impulsive online melalui penjelajahan website hedonis remaja.

 

Kata kunci : hedonis, online, pembelian impulsif, generasi Y

 

References

Dittmar, H, Long, K dan Meek, R. (2014. Buying on the internet : Gender differences in online and conventional buying motivations. Sex Roles. 50

Grewal, D., Baker, J., Levy, M. and Voss, G.B. (2003), “The effects of wait expectations and storeatmosphere evaluations on patronage intentions in service-intensive retail stores”, Journalof Retailing, Vol. 79 No. 4, pp. 259-268.

Hausman A (2000). A multi-method investigation of consumer motivations in impulse-buying behavior. Jurnal of Consumer Marketing.17(5).403-19.

Hawkins, Mothersbaugh, & Best. (2007). Consumer behavior, 10th ed. New York: Irwin/ McGraw-Hill.

Hirschman EC, Holbrook MB.(1982), Hedonic Consumption Emerging Concepts, Methods and Propositions. Jurnal of Consumer Marketing. 46(2): 92-101.

Lin, C.H dan Lin M. (2005). An Exploration of Taiwanese adolescencts’ impulsive buying tendencies. Adolescene. 40, 154

Maymad, M.M., dan Ahmadinejad.(2011). Impulse buying: the role of store environmental

stimulation and situational factors (An empirical investigation). African Journal of Business Management. Vol. 5(34), pp. 13057-13065

Morahan-Martin, J. (1998). Males, females and the internet. Dalam J. Backenbach. Psychology and The Internet. London : Academic Press.

Park, E.J., Kim, E.Y., Funches, V.M. and Foxx, W. (2012). Apparel product attributes, web

browsing, and e-impulse buying on shopping websites. Journal of Business Research,

Vol. 65 No. 11, pp. 1583-1589.

Rook, D.W. (1987). The buying impulse. Journal of Consumer Research. Vol. 14, pp. 189-99.

Rezaei, S., Ali, F.,Amin, F., dan Jayashree, S. (2016). Online impulse buying of tourism products The role of web site personality, utilitarian and hedonic web browsing. Journal of Hospitality and Tourism Technology. Vol. 7 Iss 1 pp. 60 – 83

Sharma, P., Sivakumaran, B. and Marshall, R. (2010). Impulse buying and variety seeking: A

trait-correlates perspective. Journal of Business Research, Vol. 63 No. 3, pp. 276-283.

To, P.-L., Liao, C. and Lin, T.-H. (2007). Shopping motivations on internet: a study based on

utilitarian and hedonic value.Technovation, Vol. 27 No. 12, pp. 774-787.

Verhagen, T. dan van Dolen, W. (2011). The influence of online store beliefs on consumer online

impulse buying: a model and empirical application. Information & Management, Vol. 48

No. 8, pp. 320-327.

Verplanken, B., Herabadi, A.G., Perry, J.A. and Silvera, D.H. (2005). Consumer style and health: the role of impulsive buying in unhealthy eating. Psychology and Health, Vol. 20, pp. 429-41.

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.