MEMPERSIAPKAN ANAK MEMASUKI DUNIA PENDIDIKAN DENGAN METODE QUANTUM LEARNING

Siti Nurina Hakim

DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v0i0.4556

Abstract

Kritikan atas metode pengajaran yang diterapkan dalam dunia pendidikan nasional dewasa ini dilontarkan karena akibat yang terlihat dari output metode tersebut yang dilihat kurang atau bahkan tidak menjadikan anak didik mempunyai sikap kritis atau suatu permasalahan yang ada. Metode yang diterapkan lebih bersifat dogmatisasi suatu ilmu dengan meminta siswa untuk bisa mengerti ‘sama’ dengan apa yang telah disampaikan dan diajarkan oleh pendidik, dan pendidik akan apa yang telah disampaikan dan diajarkan oleh pendidik, dan pendidik akan “menyalahkan” apabila siswa tidak bisa menunjukkan kemampuan tersebut atau bahkan menunjukkan  sikap kritisnya yang dipersepsi pendidik bisa meruntuhkan kewibawaan seorang pendidik, dengan akibat akan terjadinya humiliating terhadap siswanya. Kesalahan metode pengajaran ini ternyata berdampak luas, dimana menjadikan terbentuknya strereotype orang tua dalam memberi penilaian atas prestasi anak yang hanya menggunakan tolok ukur prestasi belajar di sekolah, yang notabene hanya melihat dari angka rapor anak dan tidak mencoba melihat dari sisi yang lain. Dengan melihat kondisi-kondisi dan dampak yang mungkin bisa ditimbulkannya sebagai seorang pendidik dan orangtua mestinya mulai mencermati proses belajar pada seorang anak yang benar itu seperti apa, dan untuk mendukungnya diperlukan sikap dan perilaku lingkungan yang seperti apa, serta kemudian menentukan altenatif metode pengajaran yang tepat agar tidak menjadikan anak pasif melainkan bersikap aktif menyampaikan pemikirannya dan pendapatnya.

 

 

References

DePorter, B and Hernacki, M. 2000. Quantum Learning : Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Terjemahan. Cetakan ke-VI Bandung: Penerbit Kaifa

Kail, R.V and Nelson, R.W. 1993. Developmental Psychology. 5th Edition. Englewood Cliffs, New Jersey. Prentice Hall

Mussen, P.H., Conger, J.J., Kagan, J and Huston, A.C. 1990. Child Development and Personality. 7 th Edition. New York: Harper & Row, Publishers.

Papalia, D.E and Olds, S.W. 1995. Human Development. 6th Edition. Me Graw-hill, Inc.

Shapiro, L.E. 1998. Mengajarkan emotional intelligence pada anak. Terjemahan. Jakarta: PT Gramedia pustaka utama.

Sternberg, R.J. 1999. Cognitive Psychology. 2nd edition harcourt brace college publishers. Orlando.

Trianids, H.C. 1994. Culture and social behavior. McGraw-hill, Inc.

Article Metrics

Abstract view(s): 60 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 12 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.