PROSTITUSI: ANTARA MASALAH SOSIAL, EKONOMI, MORAL ATAU ETIKA SOSIAL

Soleh Amini Yahman

DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v0i0.4602

Abstract

Prostitusi dan segala permasalahan yang diakibatkannya telah ada sejak lama dan tampaknya sampai sekarang belum tertanggulangi dengan memadai. Sebenarnya pemerintah telah melakukan berbagai cara untuk mengatasi masalah prostitusi ini, namun hasilnya belum terlihat. Hal ini dikarenakan selama ini prostitusi hanya dipandang secara parsial, yakni semata masalah ekonomi dan moral. Padahal banyak faktor yang menjadikan muncul dan berkembangnya prostitusi. Artikel ini akan membahas prostitusi dan permasalahannya dari berbagai aspek, sehingga diharapkan dapat menjadi alternatif penanggulangan masalah ini secara lebih holistik.

 

 

References

Arif, Sri Tua & Sasono, Adi. 1981 Indonesia, Ketergantungan dan Keterbelakangan. Jakarta: Lembaga Studi Pembangunan.

Papanek F. Gustave. 1976. Penduduk Miskin di Indonesia. Jakarta: Prisma

Purnomo, Tjahyo & Siregar, Ashadi. 1983. Dolly: Membedah Dunia Pelauran Surabaya, Kasus Komplek Pelauran Dolly. Jakarta: Grafiti Pers.

_______________________________. 1989. Menjamurnya Perdagangan Seksual dalam Makalah Diskusi Majalah Pabelan Universitas Muhammadiyah Surakarta tanggal 3 Desember 1989.

Steele, Ross. 1985. Origin dan Occupational Mobility of Lifetime Migrants to Surabaya, East Java. Disertasi Doktor pada Australian National University Canberra dalam Chris Manning dan Tajjudin Noer Effendi, Urbanisasi, Pengangguran dan Sektor Informal di Kota. Jakarta: Gramedia.

Article Metrics

Abstract view(s): 1510 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 392 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.