Kecenderungan Somatisasi Ditinjau dari Sense of Humor dan Kemampuan Menyelesaikan Masalah

Rudi Tri Cahyono, Niken Irani, Sri Lestari

DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v0i0.4631

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara sense of humor dan kemampuan menyelesaikan masalah  dengan kecenderungan somatisasi pada mahasiswa. Kecenderungan somatisasi yang dialami mahasiswa, tingkat sense of humor  yang dimiliki mahasiswa, dan kemampuan menyelesaikan masalah pada mahasiswa, diungkap melalui skala ukur. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Univeristas Muhammdiyah Surakarta angkatan 2001, berjenis kelamin perempuan, berumur antara 19-22 tahun, dan oernah menempuh atau mengikuti ujian tengah semester dan akhir semester. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara sense of humor dan kemampuan menyelesaikan masalah dengan kecenderungan somatisasi.

References

Anderson, B.F. (1980). The Complete Thinker. New Jersey: Prentice Hall Inc, Engelwood Cliffs.

Andu, L. (1993). Hubungan Antara Perilaku Asertif dengan Somatisasi Pada Mahasiwa Tahun Pertama Universitas Gadjah Mada. Skripsi (tidak terbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Bahar, E. (1994). Peran Kesehatan Jiwa danlam Upadaya Meningkatkan Produktifitas Kerja. Makalah Seminar (tidak diterbitkan). Surakarta.

Davinson, G.C. & Neale, J.M. (1990). Abnormal Psychology. Fifth Edition. Canada: John Willey and Sons. Inc.

Glover, J.A. (1982). Educational Psychology: Principle and Application. USA: Harper and Row Publisher Inc.

Hadjam, M.N.R. (1989). Perbedaan Somatisasi Antara Mahasiswa Laki-laki dan Perempuan. Laporan penelitian (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Handayani, L. (2000). Hubungan Antara Strategi Menghadapi Masalah yang Berorientasi pada Emosi dengan kencederungan Somatisasi. Skripsi (tidak diterbitkan). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hasanat, N.U. & Subandi. (1998). Pengembangan Alat Kepekaan terhadap Humor. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Hastanti, N.T.D. (2000). Hubungan Antara Berpikir Positif dengan Kemampuan Menyelesaikan Masalah. Skripsi (tidak diterbitkan). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kaplan, H.J. & Sadock, B.J. (1991). Synopsis of Psychiatry. Maryland : Williams and Wilkinds.

___________. (1997). Sinopsis Psikiatri. Ilmu Pengetahuan Perilaku Psikiatri Klinis. Edisi ketujuh. Jilid 2. Jakarta: Binarupa Aksara.

Maramis, N.F. (1998). Ilmu Kedokteran Jiwa. Surabaya: Airlangga University Press.

Munandar, S.C.U. (1986). Humor: Makna Pendidikan dan Penyembuhan. Suatu Tinjauan Psikologis. Makalah disampaikan dalam Seminar Humor Nasional di Semarang.

Noviyanti, V.D. (1994). Hubungan Antara Stres dan Sense of Humor dengan Depresi. Skripsi (tidakditerbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Nurhidayati. (1992). Somatisasi dengan Locus of Control dan Motif Masuk Organisasi pada Mahasiswa Tingkat Awal Fakultas Geografi UGM. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Prihatin, A.M. (2000). Hubungan Antara Sense of Humor dengan Stres pada Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 1999. Skripsi (tidak diterbitkan). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rakhmat, J. (1998). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ramadhani, N. (1989). Perbedaan Tingkat Somatisasi Antara Wanita Desa dan Wanita Kota. Laporan penelitian (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Setiawan. (1992). Tolak Tolok Teori Humor. Jakarta: PT. Pustaka Sinar Harapan.

Shapiro, L. E. (1997). Mengajarkan Emosional Intelligence Pada Anak. Jakarta: PT. Gramedia.

Sophan, P. (1998). Hubungan Antara Sense of Humor dan Kestabilan Emosi dengan Human Relation. Skripsi (tidak diterbitkan). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Article Metrics

Abstract view(s): 464 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 143 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.