Efektivitas Pelatihan untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial pada Anak Sekolah Dasar Kelas 5

Retno Ritiasih Utami, Sartini Nuryoto

DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v0i0.4638

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Pelatihan untuk meningkatkan ketrampilan sosial pada anak Sekolah Dasar kelas 5. Sepuluh orang anak yang terseleksi melalui Nominasi Teman Sebaya sebagai anak yang mempunyai keterampilan sosial rendah diikutsertakan dalam pelatihan. Ketrampilan sosial rendah ditandai dengan tingginya tingkat perilaku negatif. Pelatihan meliputi 5 sessi yang dilaksanakan dalam 4 hari: Pencairan, Pengenalan diri dan pemahaman terhadap orang lain. Keterampilan komunikasi verbal, ketrampilan komunikasi non verbal serta keterampilan kerjasama. Metode yang digunakan adalah permainan dana diskusi. Hasil analisis dengan teknik statistik t-test diperoleh nilai t sebesar 8.536 dan p = 0.000 (p≤0.05) menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara skor pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Pelatihan Ketrampilan sosial efektif untuk meningkatkan ketrampilan sosial anak.

 

References

Andayani, B., Kumara, A. 1996. Diskusi Kelompok Terarah dengan Subyek Anak – Anak, Buletin Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada,. IV,. 2, 26-31.

Bierman, K L. 1986. Process of Change During Social Skill Training with Preadolescents and Its Relation to Treatment Outcome, Child Development, 57, 230-240.

Bierman, K L., Miller L C & Stabb D S. 1987. Improving the Social Behavior and Peer Acceptance of Rejected Boys: Effect of Social Skill Training with Instruction and Prohibitions, Jurnal of Consulting and Clinial Psychology, 55 (2), 194-200.

Boeree, C G. 1997. Personality Theory: Erik Erikson. www.shipedu.com.

Boyum, L A.& Parke, R D. 1995. The Role of Family Emotional Exspresiveness in The Development of Children’s Social Competence, Journal of The Marriage and Family, 57, 539-608.

Cartledge, G.& Milburn, J F. 1995. Teaching Social Skill to Children and Youth, Allyn and Bacon, Boston.

Cook, T D.& Cambell, D T. 1979. Quasi Experimentation: Design and Analysis Issues for Field Settings, Houghton-Mifflin, Boston.

Deporter, B., Reador, M., Singer-Nourine, S. 1999. Quantum Teaching: Mempraktek-kan Quantum Learning di Ruang – Ruang Kelas, Kalifa, Jakarta.

Durkin, K. 1995. Develompent Social Psychology: Form Infancy to Old Age, Blackwell Publisher, Massachusetts.

Gilmer, B V. 1984. Applied Psychology, Tata McGraw-Hill Book Publishing Co. Ltd., New Delhi.

Goldstein & Pollock. 1988. Social Skills Enchanment, www.usersglobal.net.co.uk.

Hurlock, E B. 1978. Perkembangan Anak, Jilid 1 (terjemahan Meitasari Tjandrasa dan Muslichah Zarkasih), Erlangga, Jakarta.

Intisari. 1999. Mainan Modern Rentan Masalah (Kumpulan Artikel Psikologi Anak 2), PT Intisari Mediatama, Jakarta.

Article Metrics

Abstract view(s): 821 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 212 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.