Keterlibatan Kerja Karyawan Ditinjau Dari Kesesuaian Aspirasi Kerja Pada Pekerjaa Yang Dilakukan Saat Ini

Siti Nurina Hakim(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v0i0.4645

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dan seberapa besar peranan kesesuaian aspirasi kerja pada pekerjaan yang dikerjakan saat ini terhadap keterlibatan kerja karyawan, dengan mengendalikan variabel masa kerja dan tingkat pendidikan. Instrumen penelitian ini menggunakan dua buah angket, angket yang pertama adalah Angkat Kesesuaian Aspirasi Kerja Pada Pekerjaan dan angket yang kedua adalah Angket Keterlibatan Kerja Karyawan. Kedua angket ini telah dibuktikan reliabel dan valid untuk dipergunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut ada korelasi positif sangat signifikan antara Kesesuaian Aspirasi Kerja Pada Pekerjaan Yang Dikerjakan Saat Ini Dengan Keterlibatan Kerja Karyawan. Terdapat tingkat kesesuaian aspirasi kerja pada pekerjaan yang dikerjakan saat ini yang termasuk dalam kategori tinggi. Tingkat keterlibatan kerjanya juga termasuk dalam ketegori tinggi. Artinya semakin tinggi tingkat kesesuaian aspirasi kerja pada pekerjaan yang dikerjakan saat ini, maka tingkat keterlibatan kerja karyawan juga semakin tinggi. Koefisien korelasi antara masing masing aspek dari variabel Kesesuaian Aspirasi Kerja. Pada pekerjaan yang dikerjakan saat ini dengan varabel Keterlibatan Kerja Karyawan semuanya menunjukkan adanya korelasi positif sangat signifikan. 

References

Cascio, W.F.1987. Applied Psychology In Personal Managrement. 3 editior. Englewood Cliffs New York Jersey: Prentice Hall Inc.

Dunnate M.D 1976. Handbook Of Industrial And Organizational Psychology. Chicago: Rand McNally Publishing Company.

Drucker P.F.1974. Management: Tugas Tanggung Jawab Praktek (terjemahan). Jakarta: LPPM.

Etoss. Januari 2012. Pengendalian Kerugian Akibat Kkemungkinan Artikel Kronika. Vol 1 No 1. Surakarta. Biro Administrasi Umum UMS

April 2002. RAKER: Sebuah Tradisi Yang Diuri Uri Sampai Penenmtuan Masa Depan Artikel Laporan Umum. Vol. 1, No. 1. Surakarta. Biro Adminstrasi Umum UMS.

Farmer,H.S. 1985. Model Of Career And Achiecement Motivation For Women And Men. Journal Of Councelling Psychology. 32,3,363-390.

Hadi, S. 1993. Psikology Industri Dan Organisasi. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM.

Handoyo, R. 1986 Hubungan Keitakatan Terhadap Perusahaan Dengan Kepuasan Kerja. Absersi Dan Intensi “Turn Over” Karyawan Pada PT Busana Rama Textil dan Garment Di Tangerang Jawa Barat. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Yogyakarta. Fakultas psikology UGM

Hurlock, E.B.199. Developmental Psychology. New Delhi : Tata McGraw Hill Publishing Company. Ltd.

Jens, N.A. 1982. The Nature And Meanisurement Of Work Involvement . Journal Of Occupational Psychology. 55, 1, 57-67.

Kedaulatan rakyat. 2002 (25 september) kolom 9. Halaman 1

Lodahl, T.M and kejner. M. 1965. The definition and measurement of job invelvement. Journal Of Applied Psychology. 69, 372-278.

Meyer,J.P. And Allen, N.J. 1984. Testing the Side-Bet Theory Of Erganizational Commitment. Journal Of Applied Psychology. 69, 372-278.

Rabinowitz, S. And Hall, D.T. 1977. Organizational Research on Job Involvement Psychology Bulletin. 84, 2, 265-288.

Robbins, S.P. 1991. Organizational And Behavior : Concepts, Controversies, And Application 3 Editions. Englewood Cliffs. New Jersey : Prentice Hall Int. Ed.

Saleh, S.D. And Hosek, 1976. Job Involvement : Concepts And Measurements. Academy Of Management Journal. University Of Waterloo. 19, 213-224

Sanmustari,R.B.1988. Pengembangan Kepribadian Dan Sikap Kerja Produktif. Laporan Pengabdian Masyarakat. (Tidak Diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikology UGM

Steers, R.M. And Porter,L.W. 1983. Motivation and Work Behavior. New York : MacGraw Hill Book Company.

Wexley K.N, and Yuki, G.A. 1977. Organizational behavior and personel psychology. Himewood. Illionis: Richard D. Irwin,inc.

Article Metrics

Abstract view(s): 270 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 113 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.