HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KESIAPAN MENGHADAPI MASA MENOPAUSE

Ana Ruwaida, Salmah Lilik, Rosana Dewi

DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v0i0.4655

Abstract

Menopause dianggap sebagai krisis dalam hidup karena pada periode ini banyak terjadi perubahan pada tubuh wanita yang disesbabkan aktivitas hormonal. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kepercayaan diri dan dukungan keluarga dengan kesiapan menghadapi masa menopause. Hipotesis yang diajukan adalah hubungan antara kepercayaan diri hubungan antara kepercayaan diri dan dukungan keluaraga dengan kesiapan menghadapi menopause. Populasi penelitian adalah ibu-ibu PKK Kelurahan Gempol, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 120 orang dengan perincian 35 orang untuk try out dan 85 orang untuk penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan angket  dengan alat ukur skala psikologi yaitu skala kepercayaan diri, skala dukungan keluarga, dan skala kesiapan menghadapi menopause. Hasil analisi dengan menggunakan teknik analisis regresi dua presiktor diketahui ada hubungan ynag sangat signifikan antara kepercayaan diri dan dukungan keluarga dengan kesiapan menghadapi menopause yang ditunjukkan oleh nilai R sebesar 0,708 dan F regresi sebsar 41,263 dengan p < 0,01. Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kepercayaan diri dengan kesiapan menghadapi menopause, dengan rx1y sebesar 0,437 dengan p<0,01 dan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan keluarga dengan kesiapan menghadapi menopause yang ditunjukkan oleh nilai rx2y sebesar 0,639 dengan p < 0,01. Artinya semakin tinggi kepercayaan diri dan dukungan keluarga maka akan semakin tinggi kesiapan menghadapi menopause.

References

Angelis, B. (1997). Percaya Diri : Sumber Sukses dan kemandirian. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Anthony, R. (1992). Rahasia Membangun Kepercayaan Diri. (R. Wiryadi, Penerj.) Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Astuti, A. (2000). Hubungan antara Dukungan Keluarga dengan Penyesuaian Diri Perempuan pada Kehamilan Pertama.Skripsi (tidak diterbitkan) . Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Azwar, S. (1992). Reliabilitas dan Vadilitas . Yogyakarta: Andi Offset.

Bandura, A. (1997). Social Learning Theory. New Jersey: Prentice Hall.

Chaplin. (1995). Kamus Lengkap Psikologi. (Kartini, Penerj.) Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Cohen, S.; Syme, S.L.;. (1985). Social Support and Health. Florida: Academic Press.inc.

Cutrona, C. (1986). Behavior Manifestation of Social Support:Amic Roanalytic Investigation. Journal of Personality and Social Psychology , Vol.51, No.1, 201-2018.

Daradjat, Z. (1995). Penyesuaian Diri. Jakarta: Bulan Bintang.

Eni, L. (1995). Perbedaan Sikap antara Wanita Bekerja dan Wanita tidak Bekerja.Skripsi (tidak diterbitkan).

Hadi, S. (1994). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.

Hambly, K. (1998). Bagaimana Meningkatkan Rasa Percaya Diri. (FX.Budiyanto, Penerj.) Jakarta: Arcan.

Hartika. (1995). Hubungan antar Persepsi terhadap Pengakuan Sosial dengan Kesiapan Menghadapi menopause. Skripsi (tidak diterbitkan) .

Hurlock, E. (1990). Psikologi Perkembangan, suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. (Istidwiyanti, Penerj.) Jakarta: Erlangga.

Johnson, D., & Johnson, F. (1991). Joining Together : Group Theory and Group Skill (Fourth ed.). New York: Prentice Hall International.

Kartono. (1992). Psikologi Wanita II. Bandung: Mandar Maju.

Kimmel, D. (1990). Adulthood and Aging. Toronto: John Wiley and Sons, Inc.

Kumara. (1988). Studi Pendahuluan tentang Validitas dan Reliabilitas, the Test of Self Confidence.Laporan Penelitian. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajdah Mada.

Lauster, P. (1997). Tes Kepribadian. (D.H.Gulo, Penerj.) Gaya Media Pratama.

Mackenzie. (1992). Menopause Tuntutan Praktis untuk Wanita. (G. W. R., Penerj.) Jakarta: Arcan.

Margatan. (1996). Kiat Hidup Sehat bagi Lanjut Usia. Solo: CV.Aneka.

Newman, B., & Newman, P. (1979). Development Trough Life : a Psychosocial Approach Home Wood. Illinois: The Dorsey Press.

Perlmutter, M.; Hall, E.;. (1985). Adults Developmental and Aging . New York: John Wiley and Sons,Inc.

Sammil, R. (1975). Kehidupan Seks pada Wanita dalam Masa Klimakterium dan Menopause.Majalah Obtestri dan Ginekologi Indonesia (Vol. Vol.1, No.3). Jakarta: POGI.

Sukadji, S. (Pemain). (1983). Masa Tengah Baya dan Masa Tua. Pekan Ceramah bagi Istri Manajer PTP Angkatan XV Yogyakarta.

Suryabrata, S. (1982). Pembinaan Psikodiagnostik. Yogyakarta: Andi Offset.

Walgito. (1993). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Widyayanti, N. (2002). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Kecenderungan Narsisme pada Remaja. Skripsi (tidak diterbitkan) .

Article Metrics

Abstract view(s): 3073 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 724 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.