PERILAKU AGRESIF MAHASISWA ETNIS JAWA DAN ETNIS BATAK

Dewi S. Ekawati, Fuad Nashori

DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v0i0.4685

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku agresif antara mahasiswa etnis Jawa dan mahasiswa etnis Batak. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan perilaku agresif antara mahasiswa etnis Jawa dan mahasiswa etnis Batak. Mahasiswa etnis Batak memiliki perilaku agresif yang lebih tinggi dibanding mahasiswa etnis Jawa. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Perilaku Agresif. Subjek penelitian adalah mahasiswa etnis Jawa dan mahasiswa etnis Batak yang tinggal di Yogyakarta. Jumlah subjek adalah 162 orang dengan perincian mahasiswa etnis Jawa sebanyak 83 orang dan mahasiswa etnis Batak 79 orang. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan perilaku agresif antara mahasiswa etnis Jawa dan mahasiswa etnis Batak. Dari hasil uji beda (t-test) antara suku bangsa Jawa dan suku bangsa Batak dengan SPSS versi 10 ditemui nilai t-test sebesar -3.218 dengan nilai signifikansi 0.002. Berdasarkan mean yang didapat, ternyata mean suku bangsa Batak lebih tinggi (52.32) dibanding suku bangsa Jawa (43.69). hal ini menunjukkan bahwa suku bangsa Batak lebih tinggi tingkat perilaku agresif dibanding suku bangsa Jawa. 

References

Bangun, P. (1999). Kebudayaan Batak. Dalam Koentjaraningrat (ed), Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Penerbit Djambatan.

Campbell, D.T. (1976). Stereotypes and the Perception of Group Differences. Dalam Hollander, E.P. & Hunt, R.G. (eds.), Current Perspectives in Social Psychology. London: University Press.

Deaux, W. (1981). Social Psychology in the 80th. Monterey: Brooks/Cole Publishing Co.

Ihromi, T. (1980). Pokok-pokok Antropologi Budaya. Jakarta: PT. Gramedia.

Koeswara, E. (1998). Agresi Manusia. Bandung: PT. Eresco.

Koentaraningrat (ed). (1999). Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Penerbit Djamabatan.

Kodiran. (1999). Kebudayaan Jawa. Dalam Koentaraningrat, Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Penerbit Djamabatan.

Masrun, Martono, Haryanto, Hardjito, P., Utami, M.S., Bawani, N., Aritonang, L., & Soetjipto, H.P. 1986. Studi Mengenai Kemandirian pada Penduduk Tiga Suku Bangsa (Jawa, Batak, Bugis). Laporan Penelitian. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Morgan, C.T. (1987). Introduction to psychology. Tokyo: McGraw-hill Kogakusha Ltd.

Mulder, N. (1996). Kepribadian Jawa dan Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Siahaan. (1964). Sedjarah Kebudayaan Batak. Medan: CV Napitupulu & Sons.

Suseno, F.M. (1985). Etika Jawa: Sebuah Analisa Filsafati tentang Kebijaksanaan Hidup Jawa. Jakarta: PT Gramedia

Yunus. (1988). Pengaruh Kepadatan dan Kelas Sosial terhadap Perilaku Agresi. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM

Article Metrics

Abstract view(s): 1190 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 437 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.