KAMPANYE KESELAMATAN BERKENDARA : PENGARUHNYA TERHADAP KEDISIPLINAN DALAM BERLALU LINTAS

Eva Soviana, Susatyo Yuwono

DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v0i0.4753

Abstract

Masalah kedisiplinan dalam berkendara merupakan sebuah fenomena yang muncul seiring dengan pertumbuhan penggunaan alat transportasi. Keberadaan aturan yang jelas seringkali tidak sejalan dengan kedisiplinan untuk mematuhi aturan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kampanye keselamatan berkendara terhadap kedisiplinan dalam berlalu lintas. Hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh kampanye keselamatan berkendara terhadap sikap kedisiplinan dalam berlalu lintas. Subjek penelitian berjumlah 25 siswa yang berasal dari SMA Negeri 1 Sumberlawang kelas X yang ke sekolah mengendarai sepeda motor. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen pre-test and post-test design dan dianalisis menggunakan paired sample t-test. Hasil analisis menunjukkan nilai t sebesar -0.633, dengan p= 0.539 (p>0.05). Hal ini menunjukkan tidak adanya pengaruh dalam pemberian kampanya keselamatan berkendara terhadap sikap kedisiplinan dalam berlalu lintas pada subjek.

References

Annisa, A. R. (2009). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Sikap Disiplin Dalam Berlalu Lintas Pada Remaja Komunitas Motor. Slcripsi. (Tidak Diterbitkan). Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Azwar,S. (2010). Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Diputra, R. (2010). Pelanggaran Lalu Lintas Tertinggi di Jakarta Pusat. Artikel. Diunduh melalui http://news.okezone.com/read/2010/11/10/338/392066/pelanggar-lalu-lintas-tertinggi-di-jakarta-pusatpada tanggal 07/0 6/2011

Ikhsan, M. (2009). Lalu Lintas Dan Permasalahannya, Makalah. Kuliah Umum DIR LANTAS Polda DIY. Yogyakarta: Pasca Sarjana UGM Yogyakarta.

Kunarto. (2004). Analisis Data Personil dan Dimensi Permasalahannya Dalam Rangka Menunjang Operasional Kepolisian Republik Indonesia. Jakarta: Cipta Manunggal.

Soekanto, S. (2004). Polisi dan Lalu Lintas. Bandung: Mandar Maju.

Walgito, B. (2003). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Article Metrics

Abstract view(s): 966 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 377 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.