STUDI KORELASI PERSEPSI ANAK PADA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR

Novi Widya A.(1*), Partini Partini(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v0i0.4758

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting bagi perkembangan dan kemampuan siswa. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal mengemban tugas yang cukup berat diantaranya sebagai fasilitator bagi siswa untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya secara optimal. Indikator keberhasilan sekolah dalam mengemban tugasnya dapat dilihat dari pencapaian prestasi belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi anak terhadap keharmonisan keluarga dengan prestasi belaiar Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri I Boyolali. Pengumpulan data dilakukan dengan skala persepsi keharmonisan keluarga dan dokumentasi prestasi belajar siswa, yaitu nilai raport siswa, lalu dianalisa menggunakan product moment. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi anak terhadap keharmonisan keluarga dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri I Boyolali yang ditunjukkan (r) sebesar 0,514; p = 0,000 (p<0,01) dengan sumbangan efektif variabel persepsi keharmonisan keluarga sebesar 26,4%. Persepsi keharmonisan keluarga tergolong dalam kategori tinggi, sedangkan variabel prestasi belajar siswa tergolong dalam kategori sedang.

 

References

Ahmadi, S., Supriyono, S, (2008) . Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Astuti, E.F. (2007). _Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial-Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Padamara Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2005/2006. Skripsi (tidak diterbitkan). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Basri, H. (1999). Keluarga Sakinah Tinjauan Psikologi dan Agama, (edisi empat). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gunarsa, S.D. (1991). Psikologi Praktis Anak, Remaja, dan Keluarga. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Hawari, D. (1997). Alquran llmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Mental. Jakarta: Dana Bhakti Yasa.

Hurlock, E. ( 1973 ). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga

Maria, U.(2007). Peran Persepsi Keharmonisan Keluarga dan Konsep Diri Terhadap Kecenderungan Kenakalan Remaja. Tesis (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Nasution, S. (1996). Dikdatik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Jermars.

Nurwati, E. (2004). _Pengaruh Kendali Diri Dalam Penyesuaian Sosial di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa, Skripsi (Tidak diterbitkan). Bandung: PPB FIB UPI

Purwanto, N. (1995). Psikologi Pendidikan Jakarta: Remaja Rosda Karya.

Shochib. (1998). Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, N. (1998). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suryabrata, S. (1998). Psikologi Pendidikan Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Tu'us, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Walgito, B. (1997). Pengantar Psikologi (Umum. Yogyakarta: Andi Offset

Winkel, W. S. (1997). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana

Article Metrics

Abstract view(s): 719 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 328 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.