PENGARUH BUDAYA PADA ORGANISASI DAN DUNIA KERJA

Ermanto Dwiatmoko(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v4i2.4772

Abstract

Budaya organisasi atau budaya perusahaan merupakan istilah yang sering dipakai untuk menggambarkan iklim atau suasana yang diduga ada dalam suatu organisasi yang merupakan dampak dari pikiran, perasaan dan perilaku orang-orang yang ada didalamnya. Orang pada umumnya telah mempelajari hukum-hukum dalam lingkungan budayanya, sejak dilahirkan. Budaya organisasi mungkin lebih berhubungan dengan kebiasaan yang mereka ungkapkan/perlihatkan setiap hari di tempat kerja daripada pengungkapan nilai-nilai kehidupannya. Semua karyawan dalam suatu perusahaan belajar untuk mengikatkan diri dengan struktur organisasi atau budaya organisasi di mana mereka berada, untuk sementara. Budaya yang secara temporer mereka pelajari di tempat kerja, tidak akan mampu mengubah kebiasaan yang muncul dalam kesehariannya. 

References

Luthans, Fred. 1998. Organizational Behavior, Eighth edition. United States: McGraw-Hill.

Matsumoto, D. 1996. Culture and Psychology. San Fransisco: An International Thompson Publishing Company.

Article Metrics

Abstract view(s): 9721 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 2624 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.