KESEHATAN KERJA: PERSPEKTIF BUDAYA ORGANISASI

Muhammad Amir(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v4i2.4774

Abstract

Tulisan ini merupakan respon dari rubrik “kronika” dalam media informasi “Etoss” yang diterbitkan oleh Biro Administrasi Umum (BAU) UMS. Dalam kronika tersebut yang mengetengahkan hasil penelitian mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta, dengan judul : PENGENDALIAN KERUGIAN- AKIBAT KEMANGKIRAN yang tampil-ulangkan (secara ringkas) oleh Sam (?). sebagaimana harapan dari Sam sendiri, bahwa UMS sebagai lembaga pendidikan masih perlu menerima masukan baik berupa kritik maupun saran, demi kebaikan UMS itu sendiri, tentunya. Hanya saja kritik dan saran diharapkan proporsional, bila tidak proporsional maka perlu diabaikan. Menurut editor, biasanya, kritik atau saran yang tidak proporsional tidak bisa mengambil solusi, tapi hanya asal kritik dan justru mengarah pada pencarian kesalahan atau kelemahan orang lain saja, demikian ungkapnya Penulis disini berusaha mendiskripsikan dari sudut pandang akademis semata, yaitu dari sudut pandang Psikologis, Psikologi Industri dan Organisasi dan terbatas pada budaya organisasi.

References

Hornby, A. S. 1974. Oxford Advanced Leaners dictionary of Current English. Oxford University Press, Great Britain.

Munandar A. S., 2001. Psikologi Industri dan Organisasi. Penerbit Universitas Indonesia, Jakarta.

Poerwadarminta, W. J. S. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. PN Balai Pustaka. Jakarta.

Jewell L.N. dan Siegall M., 1998. Contemporary Industrial / Organizational Psychology. West Publishing Company.

Robbins, S. 1998. Organizational Behavior Concepts, Controversies, Aplications. Prentice Hall, Inc. A Simon & Schuter Company. Englewood Cliffs, New Jersey.

Sam. 2002. Pengendalian Kerugian Akibat Kemangkiran Hasil Penelitian Mahasiswa FE-UMS. Etoss Bolume 1 No. 1, Januari 2002. Biro Administrasi Umum UMS. Solo

Schein, E. H. 1992. Organizational Culture and Leadership. San Francisco: Jossey-Bass Publishers.

Siagian, S.P. 2000. Teori Pengembangan Organisasi. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.

Steer, R. M & Rhodes, S. R. 1979. Major Influences on Employee Attendance: A Process Model. Journal of Applied Psychology.

Stoner, A.F., Freeman, R. E., and Gilbert Jr, D. R. Management. Prentice Hall, Inc. A Simon & Schuster Company. Englewood Cliffs, New Jersey.

Tosi, H., L., Rizzo, S. J. Caroll. 1994. Managing Organizational Behavior. Cambridge: Blackwell

Article Metrics

Abstract view(s): 338 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 148 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.