Kesejahteraan Siswa: Studi Komparatif Siswa Berdasar Keikutsertaan Kegiatan Tahfidz

Muthi' Fauziyyah, Usmi Karyani

DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v2i2.4980

Abstract

Menghafal Al-Qur’an mempunyai keutamaan besar, hal ini membuat sekolah berbasis agama Islam menyelenggarakan kegiatan tahfidz Al-Qur’an. Siswa yang mengikuti kegiatan tahfidz selain menguasai mata pelajaran umum, siswa juga dituntut untuk menghafal Al-Qur’an. Hal tersebut dapat membuat kekhawatiran siswa akan terbebani banyak kewajiban sehingga merasa tertekan dan tidak sejahtera di sekolah. Penelitian ini akan membandingkan kesejahteraan siswa antara yang mengikuti kegiatan tahfidz Al-Qur’an dan tidak mengukti kegiatan tersebut. Penelitian dilakukan dengan metode survey pada 150 siswa SMP X di Surakarta, terdiri dari 75 siswa peserta tahfidz Al-Qur’an (laki-laki: 4 orang; Perempuan: 71 orang) dan 75 siswa bukan peserta tahfidz (laki-laki: 17 orang; perempuan: 58 orang), rata-rata berusia 13 tahun. Alat ukur yang digunakan untuk mengetahui kesejahteraan siswa adalah Skala Kesejahteraan Siswa. Data yang terkumpul diuji dengan menggunakan tehnik analisis statistik parametrik melalui uji t Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan kesejahteraan siswa antara yang mengikuti kegiatan tahfidz Al-Qur’an dan siswa yang tidak mengikuti kegiatan tahfidz Al-Qur’an.  

Kata Kunci : kesejahteraan siswa, menghafal, tahfidz

Full Text:

PDF

References

Diponegoro, A.M. (2006). Peran stress management terhadap kesejahteraan subjektif. Humanitas Vol. 3 No. 2 halaman 137-145

Frailon, J. (2004). Measuring student well-being in the context of Australian schooling: discussion paper.

Gade, F. (2014). Implementasi metode takrar dalam pembelajaran menghafal AlQur’an. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Vol. XIV No. 2 halaman 413-425

Grossi, E., Blessi, G.T., Sacco, P.L., & Buscema, M. (2012). The interaction between culture, health, and psychological well-being: Data mining from the Italian culture and well-being project. J Happines Study, 13, 129-148.

Hafeez, A., & Rafique, R. (2013). Spirituality and religiosity as predictors of psychological in Residents of Old Homes. Dialogue, 8(3), 285-301

Herry, B.A. (2012). Agar orang sibuk bisa menghafal Al-Qur’an. Yogyakarta: Pro-U Mediasi

Ivtzan, I., Chan, C., Gardner, H., & Prashar, K. (2013). Psychological well-being and social support for parents with intellectual disabilities: Risk factors and intervension. Journal with Religion & Health 52(3), 915-929

Julianto, S., & Subandi. (2015). Membaca Al-Fatihah reflektif intuitif untuk menurunkan depresi dan meningkatkan imunitas. Jurnal Psikologi Vol. 42, No. 1 hal. 34-46

Karyani, U., Prihartanti, N., Prastiti, W.D., Lestari, R., Hertinjung, W.S., Prasetyaningrum, J., Yuwono, S., & Partini. (2015). Pengembangan instrument pengukuran kesejahteraansiswa.ProcedingUniversity Research Colloquium, 65-74

Kementrian Agama RI. (2010). Al-Qur’an dan Tafsir. Jakarta: Gema Insani

Khan, N., Ahmad, N., Abdullah, A. A., & Nubli, M. (2010). Mental and spiritual relaxation by recitation of the holy Qur’an. Second International Conference on Computer Research and Development. http://dx.doi/org/10.1109/ICCRD.2010.62

Konu, A., & Rimpela, M. (2002). Well-being in school: a conceptual model. Health Promotion International (17) 1, 79-86

Lutfy, A. (2013). Metode tahfidz Al-Qur’an (studi komparatif metode tahfidz AlQur’an di Pondok Pesantren Madrasah al-Hufadzh II Gedongan Ender, Pangenan Cirebon dengan Pondok Pesantren tahfidz Qur’an terpadu Al Hikmah Bobos, Dukupuntang Cirebon). Holistik Vol. 14 number 02 halaman 157-173

Noble, T., Wyatt, T., McGrath, H., Roffey, S., & Rowling. L. (2008). Scoping study into approaches to student wellbeing: final report. Di unduh pada tanggal 4 September 2015 dari: https://docs.education.gov.au/documents/scoping-study-approachesstudent-wellbeing-final-report

Rifa’ah, S. (2013). Pengaruh motivasi membaca Al-Qur’an terhadap ketenangan jiwa santriwati pondok pesantren putri Al-Hikmah Tugurejo Tugu Semarang. Skripsi

Ryff, C.D. (1989). Happines is everything, or is it? Explorations on the meaning of psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 57(6), 1069-1081

Salami, S.O. (2011). Personality and psychological well-being of adolescents: The moderating role of emotional intelligence. Social Behavior and Personality, 39(6), 785-794

Victorian Government. (2010). The Effectiveness of Student Wellbeing Programs & Services. Februari 2010. Vicorian Auditor- General’s Report http://www.audit.vit.gov.au/publications/2009-10/290110-StudentWellbeing-Full-Report.pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.