Self-efficacy and career decision making difficulties in senior high school students

Wahyuningtyas Firdaus, Ruseno Arjanggi

DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v5i2.8941

Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan kesulitan pengambilan keputusan karir pada siswa SMA, serta untuk mengetahui perbedaan kesulitan pengambilan keputusan karir antara siswa SMA negeri dan swasta. Variabel tergantung pada penelitian ini adalah kesulitan pengambilan keputusan karir dan variabel bebas efikasi diri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Analisa dilakukan kepada 193 siswa SMA N dan S yang ada di Semarang. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala kesulitan pengambilan keputusan karir dan skala efikasi diri. Skala kesulitan pengambilan keputusan karir berjumlah 38 aitem memiliki rentang daya beda 0,380-0,768 dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,960. Skala efikasi diri berjumlah 29 aitem memiliki rentang daya beda 0,399-0,614 dengan koefisien reliabilitas 0,911. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi Product moment dari Pearson dan metode komparasi dengan analisis data Independent-Samples T Test. Berdasarkan hasil analisa Product Moment diperoleh nilai rxy sebesar -0,528 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,01). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kesulitan pengambilan keputusan karir dengan efikasi diri pada siswa SMA. Hasil analisis statistik independent-samples t test menunjukkan F=1,496 dengan taraf signifikansi 0,319 (p>0,01) dengan nilai rata-rata siswa SMA negeri 66,14 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa SMA swasta 62,44. Hasil ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan pada kesulitan pengambilan keputusan karir antara siswa SMA negeri dan swasta.

Full Text:

PDF

References

Aini, F. (2015). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kematangan Karir Pada Siswa SMA Negeri 2 Tegal. Semarang.

Amir, T., & Gati, I. (2006). Facets of career decision-making difficulties. British Journal of Guidance and Counselling, 34(4), 483–503. https://doi.org/10.1080/03069880600942608

Arjanggi, R. (2017). Identifikasi permasalahan pengambilan keputusan karir remaja. Psikologika, 22.

Bandura, A. (1977). Self-efficacy : Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. 84(2), 191–215.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy in Changing Societies. New York: United States of America by Cambridge University Press.

Elliot, A. J., Mcgregor, H. A., Gable, S., Elliot, A. J., Mcgregor, H. A., Gable, S., … Stewart, D. (1999). Achievement Goals , Study Strategies , and Exam Performance : A Mediational Analysis. 91(3), 549–563.

Fadhilah, D. R. (2015). Pengaruh efikasi diri, pola asuh, dan kelekatan terhadap kesulitan pengambilan keputusan karir siswa sma negeri 29 jakarta.

Gati, I., Krausz, M., & Osipow, S. H. (1996). A Taxonomy of Difficulties in Career Decision Making. Journal of Counseling Psychology, 43(4), 510–526. https://doi.org/10.1037/0022-0167.43.4.510

Gati, I., & Saka, N. (2001). High school students’ career-related decision-making difficulties. Journal of Counseling and Development, 79(3), 331–340.

Germeijs, V., & Verschueren, K. (2006). High school students’ career decision-making process: Development and validation of the study choice task inventory. Journal of Career Assessment, 14(4), 449–471. https://doi.org/10.1177/1069072706286510

Mongi, C.E. (2016). Perbandingan sma negeri dan sma swasta berdasarkan nilai akreditasi dan nilai ujian nasional menggunakan uji-t public and private senior high school comparative based on accreditation value and national examination test using t-test in manado, 16(2), 91–97.

Rahman, S. A. (2017). Pengaruh kecerdasan emosional, efikasi diri, locus of control terhadap kesulitan pengambilan keputusan karir pada siswa/i sma negeri 47 jakarta.

Reddan, G. (2015). Enhancing students ’ self -efficacy in making positive career decisions. (1997).

Sidiropoulou-Dimakakou, D., Mylonas, K., Argyropoulou, K., & Tampouri, S. (2012). Career Decision-making Difficulties, Dysfunctional Thinking and Generalized Self-Efficacy of University Students in Greece. World Journal of Education, 2(1), 117–130. https://doi.org/10.5430/wje.v2n1p117

Tansley, D. P., Jome, L. M., Haase, R. F., & Martens, M. P. (2007). The Effects of Message Framing on College Students ’ Career Decision Making. 15(3), 301–316. https://doi.org/10.1177/1069072707301204

Taylor, K. M., & Betz, N. E. (1983). Applications of self-efficacy theory to the understanding and treatment of career indecision. Journal of Vocational Behavior, 22(1), 63–81. https://doi.org/10.1016/0001-8791(83)90006-4

Willner, T., Gati, I., & Guan, Y. (2015). Career decision-making profiles and career decision-making difficulties: A cross-cultural comparison among US, Israeli, and Chinese samples. Journal of Vocational Behavior, 88, 143–153. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2015.03.007

Ye, Y. (2014). Role of career decision-making self-efficacy and risk of career options on career decision-making of chinese graduates 1 , 2. (10), 625–634. https://doi.org/10.2466/01.17.PR0.114k20w9

Article Metrics

Abstract view(s): 109 time(s)
PDF: 67 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.