KEPEMIMPINAN BERBASIS RELIGI (Studi Tentang Praktik Kepemimpinan Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)

Istanto Istanto(1*)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan praktik atau pelaksanaan kepemimpinan Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1  Surakarta; (2) menganalisis praktik-praktik kepemimpinan Kepala Sekolah berbasis Religi di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta.

Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode indept interviewing, metode observasi, dan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan cara pengamatan yang terus-menerus, trianggulasi, serta membicarakan dengan orang lain atau rekan sejawat.

Hasil penelitian ini menunjukkan. Pertama, praktik kepemimpinan kepala sekolah di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta dilakukan dengan jalan berupaya memberikan motivasi, memberi contoh, membagi tugas sesuai bidangnya dan melakukan supervisi, dan menanamkan pengaruh kepada guru untuk mendukung setiap kebijakan sekolah. Hubungan dengan masyarakat dilakukan oleh kepala sekolah dengan bersilaturahmi, saling membantu, berupaya menjaga hubungan baik dengan warga sekolah dengan masyarakat dalam rangka dakwah amar makruf nahi mungkar. Kepala sekolah sebagai figur panutan masyarakat berusaha untuk selalu menjadi uswah hasanah dan meningkatkan kompetensi kepribadian, pedagogik maupun sosialnya. Kedua, praktik kepemimpinan kepala sekolah berbasis religi, dilakukan dengan cara memberikan bimbingan cara mengajar yang benar dengan mempersiapkan RPP yang dibuat sendiri, menyusun dan mengembangkan silabus, mengadakan workshop, seminar dan menanamkan nilai-nilai ke-Islaman dan Kemuhammadiyahan. Kepala sekolah juga menekankan bahwa tugas yang diberikan kepada guru adalah merupakan amanah dari Allah SWT. Setiap melaksanakan tugas sebagai kepala sekolah dilakukannya dengan menggunakan pendekatan individu yang santun, ramah dan sabar, serta memberikan contoh perilaku yang baik, dan menekankan pada aspek pengaruh dan menanamkan nilai-nilai ke-Islaman dalam rangka untuk dakwah amar ma’ruf nahi mungkar.

 

Keywords

kepala sekolah; praktik kepemimpinan; berbasis religi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view(s): 500 time(s)
PDF: 950 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.