EFEKTIVITAS SIKAT GIGI MASSAL UNTUK MENURUNKAN INDEKS PLAK PADA SISWA KELAS I-V MI MUHAMMADIYAH TRANGSAN

Fahrina Fahrina

Abstract

Sikat gigi massal adalah kegiatan menyikat gigi yang dilakukan bersama-sama di bawah bimbingan instruktur seperti guru, petugas kesehatan, atau kader.Sikat gigi massal berguna untuk mencegah resiko tinggi terjadinya kerusakan gigi pada siswa sekolah dasar. Sikat gigi massal mengajarkan bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar serta waktu yang tepat untuk menyikat gigi. Kebersihan rongga mulut dapat dilihat salah satunya dengan ada tidaknya plak.Plak gigi merupakan deposit lunak yang melekat erat pada permukaan gigi. Pemeriksaan plak bertujuan untuk mengetahui lokasi dan kuantitas plak yang menutupi permukaan gigi,dengan bantuan alat periodontal probe.Gigi yang diperiksa yaitu gigi 16 (bukal), 11 (labial), 26 (bukal), 46 (lingual), 31 (labial) dan 36 (lingual).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas sikat gigi massal untuk menurunkan indeks plak pada siswa kelas I-V MI Muhammadiyah Trangsan.Jenis penelitian ini yaitu penelitian True Experimental dengan rancangan One Group Pretest Posttest.Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang.Teknik analisa data dengan uji T-Test Independent Sample.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai p = 0.000 (p<0.05) yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara sikat gigi massal dengan indeks plak. Hasil dapat disimpulkan sikat gigi massal efektif untuk menurunkan indeks plak pada siswa kelas I-V MI Muhammadiyah Trangsan dan peningkatan indeks plak sebelum dan sesudah sikat gigi massal sebesar 70% dengan responden indeks plak sedang berubah menjadi indeks plak baik sebesar 51% dan indeks plak buruk berubah menjadi indeks plak sedang sebesar 1%.

Keywords

dental public health

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.