PENGEMBANGAN APLIKASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT RUMAH SAKIT

Rachmad Hidayat, Suprapto Suprapto, Sabarudin Akhmad

DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v11i1.1120

Abstract

Penelitian ini merancang dan membangun aplikasi Customer Relationship Management rumah sakit yang sesuai dengan kebutuhan pengguna yang dapat memberikan kemudahan dalam penyediaan informasi, serta meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan  (pasien).  Pada perancangan sistem aplikasi ini, terdapat 4 aktor yaitu : admin, dokter, pasien dan pengunjung. Penelitian ini menghasilkan website bagi rumah sakit maka akan membantu menyelesaikan kendala dan hambatan yang ditemukan dalam proses pelayanan secara manual, seperti keterbatasan pelayanan karyawan. Sistem pengisian data dan proses transaksi tidak lagi dilakukan secara manual dan dapat sedikit terhindar dari kesalahan karyawan. Penyediaan sarana bagi pelanggan untuk melakukan akses 24 jam baik itu untuk bertransaksi maupun memproleh informasi sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pasien

Keywords

Sistem Informasi; Rumah Sakit; informasi; proses pelayanan

References

Bradshaw, D; Brash, C. 2001. Management customer relationships in the e-business world” howto personalise computer relationships for increased profitability, International Journal of Retail &Distribution Management, 29 (12), 520 – 530

Firdaus. 2007. 7 Jam Belajar Interaktif PHP dan MYSQL dengan Dreamweaver. Palembang : Maxikom.

Fjermestad, J.; Romano, N. 2003. Electronic customer relationship management: revisiting thegeneral principles of usability and resistance – an integrative implementation framework, BusinessProcess Management Journal, 9 (5), 572 – 591.

Hadi, Mulya. 2007. 7 Jam Belajar Dreamweaver 8 Untuk Orang Awam. Palembang : Maxikom.

Hakim, Lukmanul. 2009. Trik Rahasia Master PHP Terbongkar Lagi. Yogyakarta: Lokomedia.

Kadir, Abdul. 2009. From Zero To A Pro: Membuat Aplikasi Web Dengan PHP dan Database MySQL. Yogyakarta: Andi.

Kim, Hyung-Su; Kim, Young-Gul. 2009. A CRM performance measurement framework:its Development Process and Applivation. Industrial Marketing Management, 38, 477-489.

Kotorov, R. 2002. Ubiquitous organisational design for e-CRM, Business Process ManagementJournal, 8 (3), 218 – 232

Krishan, Reddy B.; Acharyulu, G.V.R.K. 2002. Customer Relationship Management (CRM) in Health Care Sector - A Case Study on Master Health Check. Journal of the academy of hospital administration, 14 (1), 01-06.

Massey, A.; Montaoya-Weiss, M.; Holcom, K. 2001. Re-engineering the customer relationship:leveraging knowledge assets at IBM”, Decision Support Systems, 32 (2), 155 – 170.

Park, C-H.; Kim, Y-G. 2003. A Frameworkof dynamic CRM: Linking Marketing With Information Strategy. Business Process Management Journal, 9 (5). 652-671 (20).

Rababah, Khalid; Haslina, Mohd; Huda, Ibrahim. 2011. A Study of the Perception of the Benefits of Customer Relationship Management (CRM) System in Malaysian Private Hospitals. International Conference on Business and Economics Research. vol.1. IACSIT Press, Kuala Lumpur, Malaysia.

Raisinghani, M.; Tan, S.E-Lin; Untama, J.A.; Weiershaus, H.; Levermann, T.; Verdeflor, N. 2005. CRM Systems in German Hospitals: Illustrations of Issues & Trends. Journal of Cases on Information Technology, 7(4), 1-26.

Riel, A.C.; Liljander, V.; Jurriens, P. 2001. Exploring customer evaluations of e-services: aportal site”, International Journal of Service Industry Management, 12 (4), 359 – 377.

Riyanto. 2010. Membuat Sendiri Sistem Informasi Penjualan Dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Gava Media.

Article Metrics

Abstract view(s): 861 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 898 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.