ANALISA POSISI KERJA PADA PROSES PENCETAKAN BATU BATA MENGGUNAKAN METODE NIOSH

Merry Siska, Multy Teza

DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v11i1.1124

Abstract

Dalam melakukan aktivitas kerja, manusia sebagai pekerja mempunyai batas-batas tertentu. Oleh sebab itulah kita perlu mengetahui keterbatasan serta kemampuan yang kita miliki untuk dapat ditinjau lebih lanjut agar dalam pelaksanaan kerja nantinya tidak terjadi accident maupun hal-hal buruk yang akan menimpa kita akibat tidak adanya perhitungan akan prinsip biomekanika.

Pabrik pencetakan batu bata milik Bapak Miri mengerjakan pencetakan batu bata dengan proses manual. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan posisi kerja usulan pada operator. Dari perhitungan dengan menggunakan metode NIOSH dapat disimpulkan bahwa telah diperhitungkan nilai Recommended Weight Limit (RWL), nilai Lifting Index (LI), nilai Torque dan nilai konsumsi energi dari posisi usulan pada semua bagian tubuh dan dibandingkan pada posisi awal operator bekerja, maka pengangkatan beban tidak lagi bertumpu di bagian back dan sudah berubah dari posisi awal bekerja serta mengurangi keluhan bekerja pada bagian back. Bekerja tidak perlu terburu-buru, karena akan mengeluarkan energi yang dikeluarkan banyak dan akan mengakibatkan resiko cedera pada bagian tubuh.

Keywords

NIOSH; Recommended Weight Limit (RWL); Lifting Index (LI); torque; konsumsi energi

References

Azami, E.; Sejati, K.; Arya, D.; Audtya, P.S. 2004. Analisis Postur Kerja Pada Pekerja Konveksi Menggunakan Metode RULA. Prosiding Seminar Nasional Teknik Industri. Yogyakarta.

Madyana, A.M. “Analisis Biomekanika Pada Aktivitas Menimbang Telur”. http://issuu.com/indraaa/docs/09.-puthut_biomekanika. (Diakses) 28 Januari 2012

Muslimah, E.; 2006. “Analisis Manual Material Handling menggunakan Niosh Equation”. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 5 (2), 53-60.

Nurmianto, E. 2008. Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Edisi Kedua. Surabaya: Penerbit Guna Widya.

Suhardi, B, 2008. Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi Industri. Jilid 1 untuk SMK. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Wignjosoebroto, S. 2006. Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan. Edisi ke ketiga. Surabaya : ITS.

Yasin, A., et. al.,“Analisia Lifting Index terhadap Kuli Angkut Sebagai Akibat Terjadinya Faal Kerja". http://issuu.com/indraaa/docs/06.-puthut_biomekanika. (Diakses) 28 Januari 2012

Article Metrics

Abstract view(s): 1073 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 978 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.