PEMBOBOTAN SASARAN STRATEGIS PERSPEKTIF BALANCE SCORECARD (BSC) PADA PERUSAHAAN AIR MINUM

Dwi Sulisworo(1*), Sari Nurmaningsih(2),

(1) Laboratorium Riset Operasioanl, Jurusan Teknik Industri, Universitas Ahmad Dahlan, Kampus III, Jalan. Prof. Dr. Soepomo, Umbul Harjo, Yogyakarta, 55164, Indonesia
(2) Laboratorium Riset Operasioanl, Jurusan Teknik Industri, Universitas Ahmad Dahlan, Kampus III, Jalan. Prof. Dr. Soepomo, Umbul Harjo, Yogyakarta, 55164, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v10i1.1245

Abstract

Usaha-usaha peningkatan kesehatan organisasi di perusahaan yang cenderung hanya fokus pada finansial, terbukti belum dapat memenuhi harapan stakeholder. Salah satu pendekatan yang digunakan untuk melakukan perencanaan kinerja yang komprehensif adalah dengan menggunakan BSC yang dapat untuk mengidentifikasi indikator-indikator kinerja yang mendukung visi dan misi dan mengukur pencapaian kinerja perusahaan. Dengan analisis BSC dan AHP diketahui tiga komponen atau indikator kinerja yang paling berpengaruh pada perusahaan adalah Karyawan yang Berdisiplin dan Bertanggung Jawab (0.833), kapabilitas kerja (0.582) dan kualitas layanan (0.486). Perbaikan pada internal organisasi diharapkan akan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal ini juga bersesuaian dengan skor tertinggi yang diperoleh ada pada proses bisnis internal (7.5)

Keywords

comprehensive performance; Balance Scorecard; Analytical Hierarchy Process

References

Darmawan Arif, M., 2005, Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Dengan Balanced Scorecard, Diktat Pengukuran Kinerja, Yogyakarta.

Norton, Kaplan, 2000, Menerapkan Strategi Menjadi Aksi, Erlangga, Jakarta.

Yuwono, S, Sukarno, E dan Ichsan, M, 2003, Petunjuk Praktis Penyusunan Blanced Scorecard Menuju Organisasi yang Berfokus pada Strategi, PT. Gramedia Pustaka Pelajar , Jakarta.

Riyanto Bambang, 1998. Dasar–Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi 4, BPFE, Yogyakarta.

Saaty, Thomas Lorie, 1993, Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin, PT. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.

Mulyadi, 2001, Balanced Scorecard : Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipatganda Kinerja Keuangan Perusahaan, Salemba Empat, Jakarta.

Rangkuti Freddy, 2006, Measuring Customer Satisfaction Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan plus Analisis Kasus PLN–JP, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Supranto J, 1992, Teknik Sampling Untuk Survei dan Eksperimen, Rineka Cipta, Jakarta.

Article Metrics

Abstract view(s): 645 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 7086 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.