PENENTUAN STRATEGI SUSTAINABILITY USAHA PADA UKM KULINER DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT - AHP

Sigit Setiyadi(1*), Kifayah Amar(2), Taufiq Aji(3),

(1) Jurusan Teknik Industri, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Jalan Adi Sucipto no. 1, Yogyakarta, 55281, Indonesia
(2) Jurusan Teknik Industri, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Jalan Adi Sucipto no. 1, Yogyakarta, 55281, Indonesia
(3) Jurusan Teknik Industri, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Jalan Adi Sucipto no. 1, Yogyakarta, 55281, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v10i2.1251

Abstract

Suatu metode untuk menentukan strategi sustainability bagi UKM kuliner adalah dengan mengumpulkan informasi mengenai faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan faktor ancaman yang dihadapi UKM kuliner, baik informasi pada masa sekarang maupun dimasa yang akan datang. Berdasarkan informasi ini UKM kuliner harus menentukan suatu strategi sebagai alternatif strategi sustainability yang harus diterapkan. Tujuan dari penentuan strategi sustainability ini adalah untuk mengambil keuntungan dari adanya faktor kekuatan dan peluang, memperkuat faktor kelemahan dan mengembangkan pertahanan terbaik dari faktor ancaman. Penentuan strategi sustainability belum tentu merupakan strategi yang terbaik dan sesuai dengan tujuan yang ada pada UKM kuliner, sehingga muncul permasalahan untuk menentukan strategi sustainability yang paling baik. Oleh karena itu, dalam penelitian ini digunakan penggabungan metode SWOT dan AHP untuk membandingkan alternatif strategi sustainability yang ada. Adapun strategi sustainability yang ada pada penelitian ini mencakup strategi membuka cabang lokal, membuka cabang luar daerah, kemitraan saham sebagian, dan strategi kemitraan saham keseluruhan. Dalam penelitian ini yang menjadi prioritas utama dalam pengembangan bisnis untuk mencapai sustainability adalah strategi dengan membuka cabang luar daerah yaitu dengan nilai akhir bobot prioritas tingkat evaluasi keseluruhan tertinggi sebesar: 3.413.

Keywords

sustainability; SWOT; AHP; UKM

References

Abu-Sarhan, Zahi., 2001. Application Of Analytic Hierarchy Process (AHP) In The Evaluation and Selection Of an Information System Reengineering Projects. Applied Science Privet University, CIS Department, Amman, Jordan. IJCSNS International Journal of Computer Science and 172 Network Security, VOL.11 No.1, January 2011.

Bernstein, Stephen., dan Bernstein, Ruth., 1999. Elements of Statistics I: Descriptive Statistics and Probability : The McGraw-Hill Companies.

BPS. 1999. Statistical Yearbook of Indonesia 1998. Jakarta : Biro Pusat Statistik.

Ekotama, Suryono., 2008, Cara Gampang Bikin Bisnis Franchise, Yogykarta : Media Pressindo.

Fahmi, Irham., 2010. Manajemen Risiko Teori, Kasus, dan Solusi. Bandung : Alfabeta Bandung.

Fatimah, 2005., Model Analitycal Hierarchy Process untuk Menentukan Tingkat Prioritas Alokasi Produk, Jurnal Sistem Teknik Industri, Vol. 6, No. 3, Universitas Malikus Saleh.

Fuady, Munir., 2005, Pengantar Hukum Bisnis, Bandung : PT. Citra Aditya Bakti.

http://bisnisukm.com, akses tanggal 6 Juli 2011.

http://www. bakeryindonesiamag.com, akses tanggal 6 Juli 2011.

http://www. MajalahFranchise.com, akses tanggal 6 Juli 2011.

http://www.sumutcyber.com, akses tanggal 6 Juli 2011.

Khairandy, Ridwan., Perjanjian Franchise sebagai Sarana Alih Teknologi, Pusat Studi Hukum UII Jogyakarta bekerjasama dengan yayasan Klinik Haki Jakarta, 2000.

Kusumadewi, Sri dkk., 2006. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta : Graha Ilmu.

Kusdiarto., Djati. 2009, Diktat Statistik Ekonomi, Universitas Budi Luhur Jakarta

Machfoedz., Mahmud. 2007. Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta : Andi.

Machfoedz., Mas’ud., Mahmud Machfoedz. 2004. Kewirausahaan (Suatu Pendekatan Kontemporer). Yogyakarta : Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN

Ngatawi., 2011, “Studi Kelayakan Franchise Usaha Kecil Menengah (UKM) (Studi kasus pada UKM Kuliner di Yogyakarta) ,Skripsi S1, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta

Osuna, Edgar Elias dan Aranda, Alvaro., 2007. Combining Swot And Ahp Techniques For Strategic Planning. Economic journal. Instituto de Estudios Superiores de Administración (IESA) Avenida IESA, San Bernardino, Caracas – Venezuela

Panggabean, Lydia M., 2005, “Analisis SWOT terhadap prospek bisnis pada usaha Apotek di kota Sibolga”, skripsi SI, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Rambe, Denok Almukarromah., 2007, “Analisis SWOT sebagai strategi meningkatkan daya saing pada PT. Bank negara indonesia (PERSERO) tbk kantor cabang syari’ah Medan”, skripsi S1, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Rangkuti, Freddy.,2009. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Saaty, T. L., 1993. Decision Making for Leader: The Analytical Hierarchy Process for Decision in Complex World, Prentice Hall Coy. Ltd. : Pittsburg.

Simatupang, Richard Burton., 2003, Aspek Hukum Dalam Bisnis, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sinaga, Johannes., 2009, “Penerapan Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam pemilihan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai tempat kerja mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU)”, skripsi SI, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Sudisman, U., & Sari, A., 1996. Undang-Undang Usaha kecil 1995 dan Peraturan Perkoperasian. Jakarta: Mitrainfo.

Susila, W.R., Ernawati, M., 2007, Penggunaan Analytical Hierarchy Process untuk penyusunan prioritas penelitian, Jurnal Informatika Pertanian, Vol. 16 No.2, Surabaya.

Article Metrics

Abstract view(s): 1834 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 2261 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.