PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN PERILAKU KONSUMEN DENGAN METODE DISKRIMINAN

Suranto Suranto(1*), Anand Miftachur Riza(2),

(1) Prodi Teknik Industri, Univ. Muhammadiyah Surakarta, Jl. Ahmad Yani, Pabelan, Surakarta 57162
(2) Prodi Teknik Industri, Univ. Muhammadiyah Surakarta, Jl. Ahmad Yani, Pabelan, Surakarta 57162
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v4i1.1292

Abstract

PT. Gudang Rabat Alfa Retailindo Solo merupakan sebuah usaha yang didirikan untuk memberi kemudahan dan pelayanan kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku sering beli dan jarang beli pada konsumen, mengetahui variabel bebas yang membedakan perilaku konsumen. Penelitian ini melakukan pengujian dengan model diskriminan, mampu atau tidak melakukan klasifikasi responden dengan tepat. Manfaat penelitian ini memberikan informasi tentang kebutuhan yang diharapkan oleh konsumen, kepada PT. Gudang Rabat Alfa Retailindo Solo dalam mengambil kebijakan  untuk memenuhi kebutuhan konsumen, sehingga dapat memahami peluang pemasaran yang efektif. Tahap awal penelitian adalah mengidentifikasi populasi dan sampel, setelah itu dilakukan penyebaran kuisioner terhadap konsumen yang telah berbelanja di ALFA. Tahap berikutnya melakukan pengujian instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Pengolahan data menggunakan analisis diskriminan. Berdasarkan hasil pengolahan data, terdapat perbedaan perilaku antara konsumen yang sering berbelanja dengan konsumen yang jarang berbelanja. Variabel yang paling membedakan perilaku konsumen adalah variabel harga dan fasilitas pendingin udara (AC).

Keywords

konsumen; strategi pemasaran; analisis diskriminan

References

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 4. Rineka Cipta, Jakarta.

Umar, H. 1999. Pokok-pokok Materi Statistik 2: Statistik Interaktif. Bumi Aksara, Jakarta.

Santoso, S.; dan Tjiptono, F. 2001. Riset Pemasaran Konsep dan Aplikasi Dengan SPSS. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Swasta, B. 1990. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.

Sugiarto. 2001. Teknik Sampling. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Singarimbun, M.; dan Efendi, S. 1989. Metode Penelitian Survey. LP3ES, Jakarta.

Wibisono, D. 2000. Riset Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Article Metrics

Abstract view(s): 3735 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 4113 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.