ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN BERDASARKAN TINGKAT PELAYANAN DAN HARGA KAMAR MENGGUNAKAN APLIKASI FUZZY DENGAN MATLAB 3.5.
(1) Jurusan Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Surakarta
(2) Jurusan Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v4i2.1312
Abstract
Kualitas pelayanan yang baik dimana perusahaan mampu memberikan pelayanan yang memuaskan agar terpenuhinya permintaan dan harapan konsumen (Sugiarto, 2000). Konsumen menghendaki pelayanan yang diterima cepat dan baik, dan itu merupakan nilai dalam peningkatan kualitas dalam pelayanan. Penelitian ini melihat seberapa besar kepuasan konsumen dan pengaruh tingkat pelayanan dan harga kamar terhadap tingkat kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa hotel Istana berdasarkan aplikasi fuzzy pada toolbox matlab 3.5.0. Langkah-langkah yang dilakukan adalah pada metode analitis terdapat tiga tahapan logika fuzzy, yaitu 1) fuzzyfication, terdiri dari membentuk variabel yang digunakan dan membentuk himpunan kabur, 2) inferensi, merupakan penentuan aturan dari sistem logika kabur, 3) defuzzyfication, disebut tahap penegasan dimana input dari proses penegasan adalah himpunan kabur dari komposisi himpunan aturan kabur, dan output merupakan domain himpunan kabur tersebut. Hasil dari pengolahan data, meliputi : input terdiri dari a) tingkat kualitas pelayanan didapat bilangan real 5,5 dengan domain [5 8] yang artinya variabel tingkat pelayanan baik, b) tingkat harga kamar dengan bilangan real 5,5 dengan domain [5 8] yang artinya tingkat harga kamar murah. Output hanya satu yaitu tingkat kepuasan konsumen dengan bilangan real 43,9. fuzzy, toolbox matlab 3.5.0, kepuasan konsumen hotel
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Kotler, Philip, 1995, Managemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian, Edisi 8, Salemba Empat, Jakarta
Kotler, Philip, 1997, Manajemen Marketing, Ed.2, BPFE, Yogyakarta
Kusumadewi, Sri, 2002, Analisa dan Desain Sistem Fuzzy menggunakan Toolbox Matlab, Graha Ilmu, Jakarta
Sugiarto, 2001, Teknik Sampling, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Article Metrics
Abstract view(s): 2517 time(s)PDF (Bahasa Indonesia): 2547 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.