ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN BERDASARKAN TINGKAT PELAYANAN DAN HARGA KAMAR MENGGUNAKAN APLIKASI FUZZY DENGAN MATLAB 3.5.

Indah Pratiwi, Edi Prayitno

DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v4i2.1312

Abstract

Kualitas pelayanan yang baik dimana perusahaan mampu memberikan pelayanan yang memuaskan agar terpenuhinya permintaan dan harapan konsumen (Sugiarto, 2000). Konsumen menghendaki pelayanan yang diterima cepat dan baik, dan itu merupakan nilai dalam peningkatan kualitas dalam pelayanan. Penelitian ini melihat seberapa besar kepuasan konsumen dan pengaruh tingkat pelayanan dan harga kamar terhadap tingkat kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa hotel Istana berdasarkan aplikasi fuzzy pada toolbox matlab 3.5.0.  Langkah-langkah yang dilakukan adalah pada metode analitis terdapat tiga tahapan logika fuzzy, yaitu 1) fuzzyfication, terdiri dari membentuk variabel yang digunakan dan membentuk himpunan kabur, 2) inferensi, merupakan penentuan aturan dari sistem logika kabur, 3) defuzzyfication, disebut tahap penegasan dimana input dari proses penegasan adalah himpunan kabur dari komposisi himpunan aturan kabur, dan output merupakan domain himpunan kabur tersebut. Hasil dari pengolahan data, meliputi : input terdiri dari a) tingkat kualitas pelayanan didapat bilangan real 5,5 dengan domain [5 8] yang artinya variabel tingkat pelayanan baik, b) tingkat harga kamar dengan bilangan real 5,5 dengan domain [5 8] yang artinya tingkat harga kamar murah. Output hanya satu yaitu tingkat kepuasan konsumen dengan bilangan real 43,9. fuzzy, toolbox matlab 3.5.0, kepuasan konsumen hotel

Keywords

fuzzy; toolbox matlab; kepuasan konsumen hotel

References

Kotler, Philip, 1995, Managemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian, Edisi 8, Salemba Empat, Jakarta

Kotler, Philip, 1997, Manajemen Marketing, Ed.2, BPFE, Yogyakarta

Kusumadewi, Sri, 2002, Analisa dan Desain Sistem Fuzzy menggunakan Toolbox Matlab, Graha Ilmu, Jakarta

Sugiarto, 2001, Teknik Sampling, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Article Metrics

Abstract view(s): 1276 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 673 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.